Polda Metro Jaya : Benda yang Meledak di Cilincing Bukan Granat, Tapi Flashbang

29 September 2022 - 10:42 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Endra Zulpan memastikan benda yang meledak dan melukai warga di Cilincing, Jakarta Utara bukan granat dan benda itu adalah flashbang.

"Jadi benda yang meledak itu bukan granat, ya, tetapi flashbang. Lokasi penemuan flashbang ini merupakan alur lokasi pelatihan Brimob di KBN Cakung," jelas Kabidhumas, Rabu (28/9/22).

Kombes. Pol. Endra Zulpan mengatakan, flashbang adalah salah satu properti untuk latihan. Dia menyebut benda tersebut tidak berbahaya, namun perlu keahlian khusus dalam pengoperasiannya.

"Benda tersebut adalah properti latihan, tidak berbahaya. Tetapi memang membutuhkan ahli dalam pengoperasiannya yang fungsinya mengeluarkan suara ledakan, cahaya, dan asap putih. Hanya menimbulkan efek kejut," terang Kabidhumas.

Pada kesempatan yang sama, Kabidhumas juga menyampaikan seorang warga yang menemukan flashbang tersebut hanya mengalami luka ringan di bagian kaki dan tangannya. "Saudara Rahmat (selaku penemu) hanya mengalami luka ringan di kaki kanan dan tangan kiri," jelasnya.

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment