Polisi Ungkap Modus Penipuan Travel Umrah

30 March 2023 - 13:00 WIB
Ilustrasi Umrah

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kepolisian berhasil mengungkap modus penipuan travel umrah PT Naila Syafaah Wisata Mandiri (NSWM) yang sudah memakan sekitar 500 korban jemaah.

Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol. Ratna Quratul Aini, S.I.K., M.Si., buka suara terkait kasus modus penipuan travel umrah. Ada empat modus penipuan yang diduga dilakukan oleh travel umrah itu. Salah satunya adalah, lewat pemberian tiket dengan harga miring untuk ibadah umrah ke tanah suci. Namun, wisata religi tidak jelas. 

Baca juga : Polisi Buru Bos Website Judi Online yang Dipromosikan Dua Mahasiswi

“Modus mafia umrah, ada wisata religi, tarif umrah yang murah. Beli 9 tiket umrah gratis 1 dan calon jemaah juga diberi cashback dari orang yang merekrut," jelas Kompol. Ratna Quratul Aini, dilansir dari Kompas TV, Rabu (29/3/23)

Ia mengungkapkan, pihaknya masih akan mengungkap jumlah kurban. Karena diduga masih banyak korban yang tidak berani melapor. Untuk itu, Kepolisian meminta korban penipuan travel umrah agar menghubungi kantor polisi terdekat.

“Saat ini kami fokus ke calon jemaah yang tidak jadi berangkat. Karena travel ini memiliki 300 cabang cabang lebih tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, saat ini sudah ada 13 laporan di seluruh wilayah Polda Metro Jaya,” jelasnya lebih lanjut.

(my/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment