Ops Damai Cartenz Tangkap Seorang KKB

21 October 2024 - 12:26 WIB
Dokumentasi Ops Damai Cartenz

Tribratanews.polri.go.id - Papua. Satgas Ops Damai Cartenz-2024 menangkap satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Mairon Tabuni alias Solikin, di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, sekitar pukul 09.05 WIT pagi tadi. Dia merupakan salah satu daftar pencarian orang (DPO).

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024, Brigjen. Pol. Faizal Ramadhani, menjelaskan bahwa tersangka ditangkap karena keterlibatannya dalam kasus penyerangan dan penembakan terhadap warga sipil bernama Sudirman, pada 23 Mei 2024. Korban tersebut merupakan pedagang kios di Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Dalam peristiwa penyerangan tersebut, korban mengalami luka tembak serius di bagian punggung kaki kanan hingga tembus ke telapak kaki, serta luka di tulang kering kaki kiri yang tembus ke betis," jelas Brigjen. Pol. Faizal dalam keterangan resminya, Senin (21/10/24). 

Baca Juga: Pembalap Indonesia Aldi Satya Mahendra Sukses Raih Gelar Dunia Pertama di WorldSSP300 2024

Menurutnya, penyidik melakukan pengejaran terhadap pelaku yang melarikan diri saat itu.

“Kami telah mengamankan DPO KKB Puncak atas nama Mairon Tabuni alias Solikin. Yang bersangkutan terlibat dalam kriminal penyerangan dan penembakan warga sipil di Ilaga Kabupaten Puncak,” ungkap Brigjen. Pol. Faizal.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Bayu Suseno, menambahkan bahwa Mairon Tabuni merupakan anggota KKB pimpinan Papuanus alias Jeki Murib di Kabupaten Puncak. Mairon Tabuni pun telah dibawa ke Posko Operasi Damai Cartenz-2024 di Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Satgas Ops Damai Cartenz-2024 terus bekerja keras untuk menegakkan hukum terhadap KKB di Papua demi terciptanya Papua yang aman dan damai," ujar Kombes. Pol. Bayu.

(ay/hn/nm)

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment