Komnas HAM RI Perwakilan Papua Kunjungi Satgas Damai Cartenz di Timika, Bahas Pembunuhan Pilot Glen Oleh KKB

14 August 2024 - 11:00 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Timika– Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Perwakilan Papua mengadakan pertemuan dengan Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 di Posko Ops Damai Cartenz-2024. Pertemuan ini bertempat di Mako Yon B Pelopor Mimika, Jalan Agimuga-Karang Senang, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Pada Rabu (14/08/24).

Ketua Komnas HAM RI Perwakilan Papua, Frits B. Ramandey, S.Sos., M.H., dalam usai pertemuan tersebut saat dimintai keterangan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Ops Damai Cartenz-2024 yang telah hadir memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat Papua dari gangguan-gangguan yang dilakukan oleh KKB.

“Kami sangat mengapresiasi Operasi Damai Cartenz-2024 dalam melakukan upaya-upaya penegakan hukum terhadap KKB, yang diduga menjadi pelaku pembunuhan Pilot Glen, dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia,” ujar Frits.

Frits B Ramandey mengungkapkan bahwa Komnas HAM memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja Satgas Operasi Damai Cartenz-2024. Menurutnya, Satgas ini telah menunjukkan dedikasi dan komitmen yang luar biasa dalam menjaga perdamaian dan keamanan di wilayah Papua.

"Dalam menjalankan tugasnya, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 telah berhasil mengatasi berbagai tantangan dan menghadapi situasi yang kompleks dengan profesionalisme yang tinggi. Mereka telah bekerja keras untuk memastikan bahwa hak asasi manusia seluruh warga negara terjaga dengan baik," tambah Frits.

Komnas HAM sangat menghargai upaya Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dalam melindungi hak-hak masyarakat, termasuk hak atas kebebasan, keamanan, dan kesejahteraan. Satgas Ops Damai Cartenz-2024 ini telah berperan penting dalam menjaga ketertiban dan keadilan di wilayah Papua.

"Komnas HAM berharap agar kinerja Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 terus ditingkatkan dan menjadi contoh bagi satuan tugas lainnya dalam menjaga dan melindungi hak asasi manusia di seluruh Indonesia.

Brigjen Pol Dr. Faizal Ramadhani, S.I.K.,S.Sos, M.H., selaku Kaops Damai Cartenz-2024, juga memberikan keterangan terkait situasi keamanan di Distrik Alama, Kabupaten Mimika. Menurutnya, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Alama sudah dalam kondisi aman.

Baca Juga: WNI di Australia Tidak Mau Ketinggalan, Bakal Meriahkan HUT Kemerdekaan

“Situasi Kamtibmas di Alama sudah kondusif dan masyarakat saat ini beraktivitas normal seperti biasa. Kami berharap seluruh elemen masyarakat dapat terus bekerjasama dengan Polridan TNI dalam menjaga keamanan yang sudah kondusif,” jelas Faizal.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombespol Dr. Bayu Suseno, juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada Komnas HAM RI Perwakilan Papua yang telah melakukan pertemuan dengan Satgas Operasi Damai Cartenz-2024.

“Komnas HAM dalam kunjungannya ini telah memberikan dukungan kepada Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 dalam melakukan upaya penegakan hukum terhadap Kelompok KKB di Papua. Hal ini sangat penting bagi terwujudnya rasa aman dan Damai bagi seluruh masyarakat di Tanah Papua,” jelas Kasatgas.

Kunjungan Komnas HAM RI Perwakilan Papua ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Komnas HAM dan Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 dalam upaya penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia di wilayah Papua.

(ta/hn/nm)

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment