Hari Bhayangkara ke-76, Kakorlantas Polri Resmikan ETLE Tahap II di Sumsel

3 July 2022 - 01:47 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Firman Shantyabudi meresmikan program tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) tahap II di Markas Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

Irjen. Pol. Firman Shantyabudi mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap Gubernur Sumsel Herman Deru, Ketua DPRD Sumsel Hj. RA Anita serta seluruh jajaran Forkompimda. Sebab, semua pihak berkomitmen meningkatkan budaya tertib berlalu lintas di Sumsel salah satunya dengan penerapan ETLE di Sumsel.

“Pada saat penutupan Rakernis Korlantas, Pak Gubernur Sumsel mendapatkan salah satu penghargaan dari Bapak Kapolri dan komitmen penghargaan tersebut ditindak lanjuti dan hari ini kita saksikan ada dukungan penambahan titik-titik pantauan ETLE sebagai bentuk komitmen Sumsel dan seluruh jajarannya, terhadap tercapainya pembentukan budaya tertib berlalu lintas di Sumsel itu yang penting,” jelas Kakorlantas, Jumat (1/7/22).

Kakorlantas juga menekankan dengan bertambahnya ETLE di beberapa titik di Indonesia bukan diartikan semata Polri akan menangkap pelanggar sebanyak-banyaknya. “Tolong digaris bawahi bahwa ETLE ini mendukung proses penegakan hukum. Penegakan hukum bukan hanya memberikan peringatan-peringatan atau teguran kepada pelanggar. Tapi memberikan pencegahan agar tidak terjadinya pelanggaran,” jelasnya.

Irjen. Pol. Firman Shantyabudi berharap kedepannya setiap wilayah terus berkomitmen dalam meningkatkan budaya berlalu lintas. Salah satunya dengan terus mengembangkan ETLE kedepannya.“Sekali lagi pada hari yang spesial pada hari ulang tahun Bhayangkara ke-76 ini Polda Sumsel sebagai salah satu piloting menambah titiknya yang kami nilai sebagai menambah meningkatnya komitmen terhadap terciptanya budaya tertib berlalu lintas,” terang Kakorlantas.

Kakorlantas juga mengapresiasi Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto beserta jajarannya. Karena sangat berperan aktif berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan role model ETLE Nasional.

Diketahui, penambahan ETLE di Sumsel sebanyak empat set. Dua set ETLE di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Sukarami. Kemudian, satu set di Jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat 1, dan satu set di kawasan Nilakandi, Kecamatan Ilir Timur II. ETLE di wilayah Sumsel saat ini sebanyak 30 kamera statis dan 10 kamera bergerak dengan perangkat telepon genggam khusus.

in Hukum

Share this post

Sign in to leave a comment