Cegah Karhutla, Kapolda Sumut Optimalkan Aplikasi Lancang Kuning

14 August 2022 - 10:03 WIB

Tribratanews.polri.go.id - MedanKapolda Sumut, Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak memerintahkan seluruh jajaran untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi Lancang Kuning.


Pengoptimalan dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Utara.  Aplikasi Lancang Kuning yang dimiliki Polda Sumut sudah dimodifikasi dengan sangat modern.


"Aplikasi ini bisa memonitor berbagai kegiatan-kegiatan Kepolisian seperti gatur lalin, karhutla dan berbagai operasi kepolisian lainnya," terang Jenderal Bintang Dua, Sabtu (13/08/22).


Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan bahwa aplikasi ini bisa dengan cepat dideteksi kemudian dengan cepat memberikan informasi ke polisi yang terdekat dengan titik api sehingga dapat segera ditindak lanjuti.


"Belakangan kerap terjadi karhutla, seperti di wilayah Samosir dan Tapanuli Tengah. Hasil penyidikan terhadap kasus-kasus pembakaran hutan dan lahan ini dijadikan literasi bagi masyarakat," tutur lulusan Akabri tahun 1990. 


Kapolda Sumut menegaskan agar para bhabinkamtibmas menguatkan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya pembakaran hutan dan lahan.  Kemudian laksanakan patroli secara rutin di wilayah yang sering terjadi kebakaran hutan.


"Libatkan seluruh stakholder dalam mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan,” tutup Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak 

Share this post

Sign in to leave a comment