Kakorlantas Ajak Masyarakat Berkolaborasi & Bersinergi Sukseskan KTT WWF ke-10

15 May 2024 - 12:30 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Denpasar. Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 akan digelar pada 18-24 Mei di Bali. Guna memperlancar arus kendaraan menuju venue saat acara berlangsung, Korlantas Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik.

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Bali dan wisatawan baik domestik maupun internasional apabila nanti pada saat pengawalan kepala negara dan delegasi akan diberlakukan pengalihan arus dan penutupan di beberapa ruas jalan. Namun, pihaknya telah menyiapkan alternatif rute bagi masyarakat.

"Ada beberapa ruas jalan yang kita alihkan beberapa ruas jalan yang ditutup sehingga ini mungkin akan mengurangi kenyamanan warga masyarakat Bali kami mohon maaf tapi semua ini untuk nama baik Indonesia," ujar Kakorlantas.

"Petugas sudah menyiapkan rute-rute alternatif apabila nanti ada pengalihan arus itu sudah kita siapkan untuk jalur yang akan digunakan pada saat penutupan arus juga ini kita pastikan bahwa penutupan ini hanya sementara" tambahnya.

Baca Juga: Amankan WSL Krui Pro 2024 di Lampung, Polisi Terjunkan Ratusan Personel

Kakorlantas mengungkapkan untuk mensukseskan event internasional ini, baik petugas dan masyarakat harus berkolaborasi dan bersinergi.

"Semua yang kita lakukan dalam rangka pengawalan untuk melayani masyarakat Bali, agar kegiatan rutin tidak terganggu. Dengan aman lancar aman jaga semangatnya kita harus berkolaborasi bersinegritas," ungkapnya

Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas juga memberikan arahan kepada personel satuan tugas Pengamanan, Pengawalan, Pengamanan Rute Lalu Lintas dan Pengamanan Parkir Kendaraan (Pamwal Rolakir) dalam mengamankan gelaran KTT World Water Forum ke-10 di Bali.

"Jadi ini adalah konsolidasi akhir dari satgas Pamwalrolakir dalam rangka pengamanan KTT WWF yang ke-10 di Bali, mulai dari subsatgas pengamanan, subsatgas pengawalan VVIP maupun VIP kemudian substagas route perjalanan dan subsatgas perpakiran," terang Kakorlantas Polri di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Bali, Selasa (14/5/2024).

Lebih lanjut, para personel diminta untuk mengikuti aturan atau sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) saat kedatangan para delegasi negara memberikan rasa aman dan nyaman.

"Tetap mengikuti SOP yang sudah ada petunjuk teknis yang sudah ada sehingga ini memberikan kepastian kepada masyarakat juga memberikan keamanan, kenyamanan kepada para delegasi yang nanti akan ke Bali selama WWF," jelasnya

Ia berpesan agar semua jajarannya menghormati adat dan budaya di Bali menjaga etika bermasyarakat serta etika tugas sehingga kehadiran Polantas bisa positif di masyarakat saat gelaran KTT World Water Forum ke-10 di Bali berlangsung.

"Untuk mengikuti norma - norma yang berlaku lokal maupun norma - norma yang belaku umum terutama adat istiadat budaya Bali sehingga kehadiran anggota Polri di Bali bisa dirasakan positif oleh masyarakat Bali" tutup Irjen Pol. Aan Suhanan.

Turut dihadiri, Dirut PT. Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso, Dirlantas Polda Bali Kombes Pol. Ruminio Ardano, Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Komarudin dan Pejabat Utama Korlantas Polri.

(ta/hn/nm)

in

Share this post

Sign in to leave a comment