Presiden Jokowi: Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Segera Terbentuk

4 May 2024 - 08:45 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia segera terbentuk seiring dengan pabrik industri baterai yang mulai berproduksi.

"Nanti bulan depan itu yang namanya pabrik industri baterai sudah mulai berproduksi sehingga kita harapkan ekosistem ini segera terbangun, segera terbentuk," ujar Presiden Jokowi, Jumat (3/5/24).

Baca Juga: Banjir Bandang Melanda Wilayah Kabupaten Luwu, Jalan Poros Palopo - Makassar Lumpuh Total

Presiden Jokowi pun mengaku senang karena pabrikan kendaraan listrik yang terus tumbuh. Saat ini, sudah ada 59 pabrik yang memproduksi motor listrik, 5 pabrik mobil listrik, 1 pabrik bus listrik dan 1 pabrik produksi truk listrik.

Ia juga meminta pembangunan ekosistem kendaraan listrik tidak menemui hambatan.

"Ini bangunan besar ekosistem EV ini betul-betul harus kita jaga agar jangan sampai ada hambatan-hambatan. Saya kira goal nya ke sana," ungkap Presiden Jokowi.

Dalam peninjauannya, Presiden Jokowi mengapresiasi pameran kendaraan listrik yang beragam jenisnya. Selain itu, ia juga menekankan besarnya peluang produksi motor listrik yang saat ini baru mencapai 100 ribu unit per tahun, sementara kapasitas produksi bisa mencapai 1,6 juta unit per tahun.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment