Menag Yaqut Minta Jajaran Persiapkan Berbagai Layanan untuk Jamaah Haji secara Detail

14 May 2024 - 18:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya untuk mempersiapkan berbagai pelayanan bagi para jamaah calon haji secara detail.

"Kalau mau cari potensi hambatan carinya didetail. Semakin detail, semakin kita tahu mana yang menjadi hambatan, tantangan dan rintangan yang akan dihadapi," ujar Menag Yaqut, Selasa (14/5/24).

Menag Yaqut mengatakan, memeriksa dan memastikan hal detail memang tidak mudah dan butuh usaha lebih. Namun hal tersebut harus dilakukan agar jemaah merasa nyaman saat pelaksanaan ibadah haji.

 Ia juga menegaskan kepada para petugas untuk tidak menyepelekan hal-hal kecil. "Jangan pernah menggampangkan persoalan. Saya tidak mau ada layanan kecil mengganggu jamaah, terutama bagi jamaah lansia," tegas Menag Yaqut.

"Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, kita harus memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji Indonesia. Tahun ini harus jadi penyelenggaraan haji terbaik semasa jabatan Presiden Jokowi," lanjut Menag Yaqut.

Ia pun mengingatkan seluruh jajarannya untuk bekerja sama dalam menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

"Saya ingatkan bersama. Bahwa haji ini kerja kita bersama. Meskipun leading sector-nya ada di (Ditjen) PHU, namun semua harus terlibat selama proses pelayanan jemaah haji ini," ungkap Menag Yaqut.

Menag Yaqut juga menekankan langkah-langkah kedaruratan yang telah disusun agar dipastikan kembali. Menurutnya, langkah darurat itu penting untuk diperhatikan kembali secara detail.

"Kita tidak tahu apa yang akan menimpa kita. Langkah darurat itu penting. Antisipasi kedaruratan ini semoga tidak dijalankan (karena tidak terjadi peristiwa darurat). Namun persiapan harus tetap dilakukan agar kita siap. Jangan improvisasi di lapangan. Kita harus siap," ujar Menag Yaqut.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment