Wajib Tahu, Minum Teh Ternyata Bisa Bantu Lindungi Orang dari Covid-19

12 May 2024 - 21:30 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta.  Teh adalah minuman yang mengandung kafeina, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah bisa membantu melindungi orang dari Covid-19.

Para peneliti menginkubasi teh-teh itu dengan virus penyebab Covid-19 lalu menunggu lima menit. Hasilnya adalah pada konsentrasi yang lebih kuat, semua varietas menunjukkan penurunan aktivitas virus dalam waktu 10 detik. Dilansir The Sun, Sabtu (11/5/24),

Tingkat pengurangan virus teh hitam standar sebesar 99,9 persen, sedangkan teh hijau, mint, raspberry, dan eucalyptus mengurangi virus setidaknya 96 persen. Para ahli percaya pada polifenol, zat gizi mikro yang secara alami terdapat pada tanaman.

Baca Juga: Kakorlantas: Tak Ada Jejak Rem di TKP Kecelakaan Subang

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa, berkumur dengan teh juga efektif mengurangi virus Covid. Tetapi, Tim Amerika Serikat (AS) ini menekankan bahwa menonaktifkan virus dalam air liur bukanlah pengganti untuk mendapatkan vaksin.

"Pada tahap ini, kami tidak menyarankan teh sebagai intervensi mandiri karena virus juga bereplikasi di hidung dan mungkin sudah mencapai paru-paru pada saat hasil tes positif," ujar ahli virologi Malak Esseili.

"Tetapi teh dapat menjadi intervensi tambahan yang dapat dengan mudah diterapkan oleh para pasien dan keluarga-keluarga mereka sebagai rutinitas," jelasnya .

Malak Esseili juga menyebutkan di samping membantu melindungi peminumannya dari Covid, teh juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment