Siapkan Strategi Polda Jateng Antisipasi Penjarahan Saat Pandemic Covid-19
Admin Humas
Rabu, 03 Juni 2020 - 12:40 WIB
Siapkan Strategi Polda Jateng Antisipasi Penjarahan Saat Pandemic Covid-19

Tribratanews.polri.go.id – Semarang. Pandemi Covid – 19 tidak hanyak menimbulkan persoalan Kesehatan, akan tetapi pada fase tertentu pandemi juga bisa berdampak pada kelaparan hingga terjadinya penjarahan.

  Menghadapi hal tersebut, Kepolisian Daerah Jawa Tengah bekerjasama dengan TNI melaksanakan penyusuna strategi untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid – 19 di wilayah Jawa Tengah. Pada kesempatan tersebut Polda Jateng bersama dengan TNI melaksanakan Tatical Floor Games (TFG). Sebelumnya Polda Jateng telah melaksanakan seluruh eks karesidenan Polda Jawa Tengah.  

TFG yang dilaksanakan di Solo tersebut merupakan yang terakhir, terdapat tiga zona merah yang diantisipasi jika pandemi Covid – 19 semakin tidak bisa dikendalikan. Untuk itu diperlukan kesiapan pergeseran dan mobilisasi pasukan.  

“Pada saat Merah 1 kita semua sepakat bahwa di situ pandemi corona sudah ke mana-mana. Kalau sudah pandemi corona ke mana-mana apa sih yang kita lakukan? Maka seluruh kapolres menyiapkan berapa rumah sakitnya. Kemudian sarana transportasi. Jadi Merah 1, tidak hanya dapur lapangan berikut rumah sakitnya, tapi sarana transportasi ada berapa di wilayah kita. Pemkot berapa, Rumah Sakit Kodam punya berapa, dan sebagainya. Tolong didatakan secara valid,” terang Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K.  

Petugas Kepolisian dan TNi yang bertugas nantinya dipastikan menyiapkan alat pelindung diri (APD) saat melakukan tindakan membantu masyarakat. Di tengah pandemi, petugas Polri dan TNI juga harus melindungi diri dari penularan Covid-19 sebelum membantu masyarakat.  

Untuk Merah 2 adalah masyarakat kekurangan kebutuhan pangan. Jika kekurangan bahan pangan, yang dilaksanakan bukan lagi patroli. Petugas akan menjaga objek yang menjadi kebutuhan masyarakat. Zona merah 3, masyarakat sudah ekspansi. Petugas akan meminta perbantuan dari Sabhara, Brimob, termasuk perbantuan TNI.  

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen M Effendi juga menambahkan, simulasi sebagai upaya kesiapan personel TNI/Polri ini diharapkan tidak akan terjadi. Dia menegaskan TNI siap mendukung Polri dalam pelaksanaan kesiapan menghadapi pandemi Covid- 19.  

(fb/bq/hy)

Bagikan Artikel Ini:

0 KOMENTAR
Silahkan Login untuk memberikan komentar