Ditlantas Polda Kalteng Ikuti Sosialisasi Penggunaan Tabung Gas Elpiji Yang Digelar PT. Pertamina

19 March 2024 - 15:30 WIB
baritorayapost.com

Tribratanews.polri.go.id - Palangka Raya. Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng ikuti kegiatan yang digelar oleh PT. Pertamina tentang penggunaan dan perawatan tabung gas guna mengantisipasi terjadinya kebakaran dalam pengunaan tabung gas elpiji yang dilaksanakan di Lapangan Apel Ditlantas Polda setempat, Senin (18/3/24).

Sosialisasi tersebut berlangsung seusai pelaksanaan apel pagi yang dihadiri oleh para Pejabat Utama (PJU) perwira dan personel Ditlantas.

Dirlantas Polda Kalteng, Kombes Pol R.S. Handoyo, S.I.K., M.Si., melalui Kabagbinops Polda Kalteng, AKBP Suwarno, S.Tr.,M.Si. mengatakan bahwa sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan wawasan mengenai penggunaan tabung gas elpiji sesuai dengan prosedur yang benar sehingga akan aman dan tidak mengalami kebocoran yang bisa menyebabkan pemborosan atau lebih kepada terjadinya kecelakaan dan kebakaran.

Baca Juga: Wajib Tahu!! 6 Kebiasaan Buruk Selama Puasa Ramadan Yang Menyebabkan Berat Badan Naik

“Saat ini kita sedang mengikuti sosialisasi yang disampaikan oleh PT. Pertamina tentang bagaimana cara menggunakan tabung gas Elpiji yang benar dan aman,” ucap AKBP Suwarno.

Sementara itu dalam penjelasannya narasumber dari PT. Pertamina mengatakan bahwa dalam menggunakan regulator dan komponen lainnya, sebaiknya menggunakan standar SNI. Pastikan regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung elpiji terpasang dengan benar, sehingga bisa menghindar tekanan yang melebihi kekuatan tabung dan dapat terhindar dari risiko meledaknya tabung gas elpiji tersebut.

“Kegiatan ini tidak hanya penting dalam konteks penggunaan gas elpiji di Ditlantas saja, tetapi juga sebagai kontribusi positif dalam kehidupan kita sehari-hari serta ilmu yang didapatkan dari PT. Pertamina ini dapat kita bagikan juga kepada masyarakat sebagai imbauan kamtibmas,” jelas AKBP Suwarno.

AKBP Suwarno juga berharap sosialisasi ini akan memberikan manfaat besar bagi seluruh personel, karena langkah ini akan membantu pihaknya sebagai anggota Polri dalam mendukung inisitif pemerintah untuk penggunaan energy yang lebih bersih dan berkelanjutan. 

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment