[HOAKS] Terjadi Kebocoran pada Gerbong Kereta Cepat Whoosh

23 April 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar unggahan video di platform TikTok yang mengeklaim bahwa Kereta Api Cepat Whoosh buatan Cina mengalami kebocoran akibat hujan lebat.

Video tersebut diunggah dengan narasi "Kereta cepat Whoosh alami kebocoran akibat hujan deras. Belum lunas sudah bocor, seperti beli rumah KPR subsidi".

Baca Juga: Polisi Selidiki Kasus Penganiayaan di Jalan Trans Papua

Faktanya, klaim pada unggahan tersebut tidaklah benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, klaim pada video tersebut tidak benar adanya. Postingan yang menyatakan bahwa kereta cepat Whoosh buatan China ini tidak mengalami kebocoran. Pihak KCIC telah membantah kabar tersebut dan memberikan keterangan bahwa air yang membasahi gerbong kereta disebabkan tampias air hujan saat pintu terbuka menunggu penumpang untuk masuk bukan karena kebocoran. Sabtu (20/4/24)

Dikutip dari laman detik.com, terkait video yang beredar, pihak Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) melalui Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menjelaskan bahwa lantai basah pada video tersebut bukanlah akibat dari kebocoran, tetapi karena air masuk saat pintu kereta terbuka ketika sedang menunggu penumpang masuk di Stasiun Tegalluar pada 12 April 2024.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pernyataan soal kereta cepat Whoosh yang mengalami kebocoran tidaklah benar.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment