Manfaat dan Kelezatan Teh Talua Minuman Khas Sumatera Barat

19 September 2023 - 07:15 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kuliner Indonesia sangat beraneka ragam, Salah satu kuliner yang unik adalah minuman bernama Teh Talua. Teh Talua adalah minuman khas yang berasal dari daerah Sumatera Barat, Dikenal karena rasa yang lezat dan cerita seputar cara pembuatannya, Teh Talua menjadi salah satu minuman yang patut dicoba bagi para pencinta teh dan penjelajah kuliner.

Sejarah Teh Talua berasal dari zaman nenek moyang suku Minangkabau, yang mendiami wilayah Sumatera Barat. Nama "Teh Talua" sendiri mengandung makna unik; "Teh" merujuk pada daun teh yang digunakan sebagai bahan dasar, sementara "Talua" berarti telur. Kombinasi ini merujuk pada dua bahan utama yang digunakan dalam minuman ini, Berikut Beberapa manfaat konsumsi Teh Talua:

1. Sumber Nutrisi: Kuning telur ayam adalah sumber nutrisi penting, termasuk protein, vitamin, dan mineral seperti vitamin B12, selenium, dan zat besi.

2. Energi: Teh Talua bisa memberikan energi ekstra karena kandungan protein dan lemak yang ada dalam telur.

3. Antioksidan: Teh mengandung senyawa antioksidan, seperti katekin, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Memperkuat Sistem Imun: Kandungan nutrisi dalam telur, terutama vitamin B12, dapat membantu dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengurangi Stres: Teh Talua yang hangat dan nikmat bisa membantu meredakan stres dan meningkatkan perasaan relaksasi.

6. Meningkatkan Konsentrasi: Kandungan kafein dalam teh dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh bisa berkaitan dengan pengurangan risiko penyakit jantung.

8. Meningkatkan Metabolisme: Kombinasi teh dan protein dalam telur dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang bisa mendukung penurunan berat badan.

Dilansir dari laman fimela, berikut Bahan-bahan Teh Talua:

Baca Juga:  Setahun Menuju PON XXI 2024, Koni Gelar Fun Run di Jakarta

• 1 butir telur ayam kampung, ambil kuningnya saja

• 1 kantung teh celup

• 2 sdm susu kental manis

• 1 sdm gula pasir atau sesuai selera

• Air secukupnya

• Jeruk nipis secukupnya

Cara membuat

1. Masukkan kuning telur dan gula pasir ke dalam gelas, kocok cepat hingga gula larut dan kuning telur berubah warna menjadi kuning pucat.

2. Rebus air hingga mendidih, masukkan kantung teh celup, biarkan hingga cokelat gelap. Angkat dan tuang teh ke dalam gelas yang berisi kuning telur dan gula. Aduk hingga tercampur rata.

3. Tuang susu kental manis, aduk lagi dan beri perasan jeruk nipis sesuai selera. Teh talua siap dinikmati.

Itulah resep dan cara membuat teh talua minuman hangat khas Sumatra Barat. Selamat mencoba.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment