Keindahan Air Terjun Sipiso-piso, Surga Alam Tanah Karo

3 September 2023 - 13:12 WIB
Foto: airkami.id

Tribratanews.polri.go.id - Medan. Air Terjun Sipiso-piso berada berlokasi di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi urutan keenam di Indonesia.

Beberapa sumber menyebut, nama 'Sipiso-piso' diambil dari bahasa Batak yang berarti piso atau pisau. Jika diperhatikan, air terjun ini tampak seperti sebuah pisau yang kecil, panjang, dan tajam.

Sumber lain menyebutkan, nama tersebut diambil karena air terjun ini berlokasi dekat dengan Gunung Sipiso-piso. Adapun aliran dari air terjun setinggi 120 meter yang berada di ketinggian 800 meter ini berasal dari Sungai Pajanabolon yang mengalir melewati gua kawah Toba.

Baca Juga:  Gunung Kerinci Salah Satu Gunung Merapi Tertinggi di Indonesia Incaran Populer Para Pendaki

Mengutip dari disbudpar.sumutprov.go.id, air terjun ini terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melalui sebuah gua di sisi kawah Danau Toba. Air yang keluar dari gua itu sangat deras dan jatuh dengan indah pada ketinggian 120 meter. Sekedar info, Air Terjun Sipiso-piso berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan air laut. Di lansir dari wikipedia.org

Air terjun di tanah Karo ini memiliki suasana yang asri karena dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Pemandangan indah juga sudah bisa dilihat di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi ini.

Jika beruntung, pengunjung bahkan bisa melihat pelangi di sekitar aliran air terjun. Pelangi ini terbentuk karena proses pembiasan antara sinar matahari dengan butiran air terjun yang mengalir.

Selain menyediakan pemandangan indah, di sekitar lokasi juga terdapat warung serta beberapa toko suvenir dan oleh-oleh. Beberapa destinasi wisata menarik lainnya juga berlokasi tak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso, sehingga bisa dijadikan destinasi selanjutnya setelah puas menelusuri keindahan air terjun ini. Beberapa destinasi wisata yang berlokasi tak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso, di antaranya Danau Toba hingga Taman Bunga Sapo Juma.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment