Air Terjun Lubuk Hitam, Surga Tersembunyi yang Memesona di Padang

30 August 2023 - 21:00 WIB
Foto: andalastourism.com

Tribratanews.polri.go.id - Air Terjun Lubuk Hitam merupakan destinasi terindah dengan keunikan air terjunnya. Unik karena memiliki tingkat air yang jatuh dengan ketinggian yang berbeda-beda. Air terjun ini berada di daerah Padang, Sumatra Barat dan yang paling rendah memiliki tingkat sekitar 3 meter, tingkat sedang 10 meter, dan paling tinggi 22 meter. Selain itu, memiliki pemandangan hutan yang masih asri dengan ekosistem yang terjaga.

Air terjun ini diberi nama tersebut karena tempatnya masih tersembunyi di tengah-tengah hutan tropis. Selain itu, disebut juga dengan air terjun tiga tingkat karena memiliki tiga tingkat dengan ketinggian yang berbeda-beda. Air yang jernih sekaligus menambah keasrian hutan membuat air terjun banyak di huni oleh hewan langka sebagai tempat perkembangbiakan.

Setiap tingkatan Air Terjun Lubuk Hitam memiliki keindahan tersendiri, di mana ketika berada di tingkat terendah terdapat lubuk atau kolam alami tempat jatuhnya air. Pengunjung dapat mandi dan berenang di lubuk tersebut. Untuk tingkat kedua dan tertinggi lebih membuat Anda terpesona, karena keindahan alam hutan terlihat dari ketinggian air terjun.

Air terjun ini berada di daerah Padang, Sumatra Barat. Padang merupakan tempat yang kaya akan keindahan pantai pasir putihnya. Namun, ada juga pemandangan yang tak kalah menarik dari pantai, yaitu Air Terjun Lubuk Hitam. Air terjun ini sangat cocok untuk para pengunjung yang suka berpetualang ke alam-alam bebas.

Baca Juga:  Keindahan Danau Laut Tawar di Aceh Tengah

Berbeda jika dilihat dari tingkatan air terjunnya. Pemandangan alam yang disajikan dari tingkat pertama masih tergolong biasa dengan lubuk atau tempat jatuhnya air. Ke tingkat kedua juga terdapat lubuk dengan ukuran yang lebih kecil, namun terdapat batu-batuan cadas yang sangat licin. Tetapi pemandangan di bawahnya sungguh cantik untuk dilihat.

Para pengunjung yang ingin mencari keindahan alam dan air terjun yang alami, wisata ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Lokasinya yang tersembunyi membuat banyak orang yang jarang menjamah tempat ini. Inilah yang membuat wisata ini masih alami dan asri.

Selama perjalanan, pengunjung akan melihat berbagai pepohonan yang jarang ditemui. Karena termasuk hutan hujan tropis, tumbuhan banyak yang tumbuh di area hutan. Sekaligus banyaknya hewan yang bertempat tinggal di area ini. Terdapat sekelompok monyet yang akan sering Anda temui.

Dinding bebatuan air terjun dan pepohonan sekitar merupakan tempat tinggal dan bertelur burung-burung yang cantik dan langka. Burung-burung tersebut akan mencari makan di pagi hari dan sore hari di sekitar kawasan air terjun. Burung yang beterbangan di atas air terjun membuat perpaduan yang indah.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment