Sinergitas TNI-Polri Berikan Dampak Positif Terhadap Pariwisata di Bali

19 March 2024 - 14:00 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Denpasar. Kapolda Bali, Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., menyatakan sinergi antara TNI dan Polri berdampak positif terhadap kondisi pariwisata di Pulau Dewata.
 
“Kondisi di Bali ini sangat kondusif, karena sinergitas dan soliditas TNI dan Polri di Bali yang tidak perlu diragukan lagi,” ujar Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, senin (18/3/24).

Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra mengatakan bahwa Bali yang kondusif menjadi pertimbangan bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk melakukan perjalanan wisata di Bali. Apalagi berbagai ajang bertaraf internasional telah berhasil dilaksanakan di Bali menjadi bukti bahwa keamanan wisatawan di Bali dijamin oleh pihak Kepolisian dan TNI.

Baca Juga: Wajib Tahu!! Berikut Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Berpuasa

Terkait hal tersebut, Kapolda Bali berharap kerja sama antara TNI-Polri di Bali semakin kuat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan pemerintahan Bali.
 
“Bisa dilihat kami selalu guyub dalam berbagai kegiatan. Semoga ke depan akan terus terjaga dan meningkat,” ungkap Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra.
 
Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 163/Wira Satya, Brigjen. TNI. Ida Bagus Ketut Surya Wedana, S.E., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Bali dan jajarannya yang telah menerima kehadirannya dan rombongan dengan baik di Polda Bali.
 
“Kami bersilaturahmi, berbincang-bincang secara ringan banyak hal dan salah satunya membahas mengenai kondusivitas di Bali,” ujar Brigjen. TNI. Ida Bagus Ketut Surya Wedana.
 
Terkait angka kunjungan di Bali, berdasarkan data perlintasan Imigrasi pada Februari 2024 jumlah kunjungan wisatawan ke Bali menyentuh angka 501.462 orang. Dari jumlah tersebut, wisatawan asal Australia menduduki posisi terbanyak pertama dengan jumlah 96.262, disusul China 56.476 orang, India 35.885, Malaysia 27.502 dan posisi kelima ditempati wisatawan Korea Selatan 22.470.
 
Dinas Pariwisata (Dispar) Bali sendiri mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang 2023 mencapai 5,2 juta, melebihi target pemerintah provinsi yang sebanyak 4,5 juta.
 
Kepala Dispar Bali, Tjok Bagus Pemayun, A.Par., M.M., menyatakan pada periode Januari sampai Desember 2023 ada sebanyak 5.232.751 kunjungan wisatawan mancanegara, sementara wisatawan domestik mencapai 9.459.259 kunjungan.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment