Seluruh Korban Ledakan di Jatim Diperbolehkan Pulang

5 March 2024 - 15:32 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jatim. Danpas Gegana Polri melakukan peninjauan langsung ke lokasi ledakan bahan kimia pembuat bom di Kantor Subdensi Pom Datasemen I Polda Jawa Timur (Jatim). Selain itu, Danpas Gegana juga menjenguk 10 korban dari anggota Jibom Gegana Satbrimob Polda Jatim.

Kapolda Jatim Irjen. Pol. Imam Sugianto mengungkapkan, pengungkapan peristiwa ini juga mendapatkan asistensi dari Gegana Polri. Selain itu, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo memberikan perhatian kepada 10 anggota Jibom Satgegana Polda Jatim yang mengalami luka dan sesak nafas dari peristiwa ledakan itu. 

Baca Juga: Polda Metro Jaya Gelar Operasi Keselamatan Jaya 2024 di Enam Titik Lokasi

Menurut Kapolda, tim medis RS Bhayangkara telah menyatakan semua korban sudah membaik hari ini. Kapolda merinci, dalam peristiwa ini lima anggota mengalami sesak nafas, satu anggota di pos penjagaan mengalami tangan terkilir, lainnya mengalami luka akibat pecahan kaca di bagian kepala dan tangan.

“Korban yang dinyatakan luka kemarin sudah dinyatakan baik-baik saja dan diperbolehkan pulang," ujar Kapolda dalam konferensi pers secara daring, Selasa (5/3/24).

Lebih lanjut Kapolda menjabarkan, dalam aturannya, bahan peledak yang sudah disita akan dimusnahkan setelah terkumpul cukup banyak, biasanya dalam satu bulan.

Sedangkan bahan kimia yang kemarin meledak, ujar Kapolda, sebagian besar sudah dimusnahkan. Lalu, sisanya akan dimusnahkan juga dalam waktu dekat, namun akhirnya meledak.

"Itu kita tetapkan kalau misalnya sudah satu bulan terkumpul ada beberapa bahan peledak langsung akan kita musnahkan, jumlahnya relatif, biasanya langsung kita musnahkan. Kemarin itu juga sebagian sudah dimusnahkan," ungkap Kapolda.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment