Menteri AHY Siap Fokus Percepat Sertifikat Tanah dan Memberantas Mafia Tanah

16 April 2024 - 19:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bakal fokus pada percepatan sertifikasi tanah dan pemberantasan mafia tanah pada sisa masa pemerintahan Presiden RI Joko Widodo.

Menteri AHY mengatakan kementeriannya terus berupaya untuk memperluas cakupan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). Sebanyak 104 kota/kabupaten di Indonesia ditargetkan tersertifikasi lengkap pada 2024, termasuk yang dapat melayani secara elektronik.

“Dengan demikian kepastian hukum terjamin,” ujar Menteri AHY, Selasa (16/4/24).

Baca Juga: Menteri PUPR: ASN Akan Pindah ke IKN Setelah Upacata HUT Kemerdekaan RI

Menurutnya, program PTSL ini penting tidak hanya untuk memberikan keadilan kepada masyarakat, tetapi juga menghadirkan iklim investasi yang penuh kepastian hukum, terutama terkait tanah dan tata ruang.

PTSL adalah program pemerintah yang digagas sejak 2017, yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran tanah bagi masyarakat.

PTSL juga bertujuan, di antaranya meningkatkan kepastian hukum atas hak kepemilikan tanah dan mencegah sengketa tanah pada masa mendatang.

Menteri AHY pun akan berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia untuk menyelesaikan berbagai kasus mafia tanah yang tertunda.

“Kami akan ungkap kejahatan pertanahan di sana sini yang kami harapkan bisa menyelamatkan keuangan negara dan membantu masyarakat kita,” ujar Menteri AHY.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment