Menkominfo Beberkan Strategi Ciptakan Pilkada Damai di Ruang Digital

19 March 2024 - 17:16 WIB
Dok. Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan, pihaknya siap mengawal ruang digital guna mendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Melalui narasi Pilkada Damai 2024, Kementerian Kominfo mengajak pemilih, khususnya generasi muda untuk menciptakan Pilkada yang damai dan meningkatkan kepedulian terhadap masa depan negara.

"Narasi ini mengajak pemilih khususnya pemilih muda menciptakan Pilkada serentak 2024 dengan damai serta membangkitkan kepedulian generasi muda terhadap masa depan negara melalui isu-isu strategis yang sesuai dengan minat mereka," ujar Menkominfo dikutip dari Antara, Selasa (19/3/24).

Baca Juga: Ditlantas Polda Kalteng Ikuti Sosialisasi Penggunaan Tabung Gas Elpiji Yang Digelar PT. Pertamina

Menkominfo menjelaskan, narasi tersebut untuk menjawab berbagai isu kepemiluan, seperti peningkatan partisipasi pemilih, antisipasi terhadap polarisasi, dan penanggulangan informasi palsu atau hoaks di ranah digital. Kominfo pun akan melakukan amplifikasi narasi Pilkada Damai 2024 melalui media sosial, sinergi dengan mitra untuk sosialisasi, serta kolaborasi dengan media massa untuk memproduksi informasi positif terkait Pilkada.

Selain itu, ujarnya, Kementerian Kominfo juga melakukan kerja sama dengan pemangku kepentingan dan lintas satuan kerja untuk berbagai program, seperti forum diskusi, produksi konten audio radio, dan penanganan konten hoaks. Bahkan, Kominfo menyebarkan SMS blast dan jaringan komunikasi juga dilakukan untuk diseminasi informasi.

"Kami akan berkoordinasi dengan lembaga penyiaran publik, lembaga penyiaran swasta, dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) untuk turut mempublikasikan sosialisasi Pilkada damai 2024," ungkap Menkominfo.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment