Kapolda Lampung: Tingkatkan Giat Siskamling dan Bhabinkamtibmas

27 April 2024 - 15:45 WIB
media

Tribratanews.polri.go.id - Bandar Lampung. Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, S.H., S.IK., M.Si. mengajak masyarakat untuk meningkatkan giat keamanan keliling. 

Kapolda Lampung mengatakan siskamling merupakan ciri bangsa Indonesia yang tidak boleh hilang dalam menjaga lingkungan dan bersilaturahmi. Dan sebagai pemberdayaan masyarakat dalam partisipasi aktif untuk membantu tugas dan fungsi Kepolisian. 

“Hal ini merupakan Upaya cegah dan tangkal tindak kejahatan,” ujarnya. Jumat (26/4/24). 

Meskipun sebagian wilayah Provinsi Lampung merupakan wilayah yang sibuk dengan berbagai aktivitas, namun kebiasaan serta budaya untuk berkumpul dan menjaga lingkungan secara bersama hendaknya tidak hilang.

Baca Juga: Polda Jambi Bagi Bagi Sembako Ke Masyarakat Jambi

Kapolda Lampung juga mengimbau setiap RT maupun lingkungan terdapat poskamling di masing-masing wilayah agar warga saling bersilaturahmi dan menerapkan konsep community policing.

“Menjadi polisi untuk dirinya sendiri, lingkungan maupun keluarga akan lebih baik, karena jika diterapkan hal tersebut dapat dipastikan kondusifitas akan terjaga,” tuturnya.

Terkait pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) serta antisipasi gangguan kamtibmas Polri telah menempatkan sejumlah personel di masing-masing kelurahan, desa maupun pekon yang sering di sebut Bhabinkamtibmas. 

“Yang fungsinya secara menyeluruh membantu Masyarakat di wilayah terkecil dalam menjaga kondusifitas.”

Kapolda Lampung mengatakan Bhabinkamtibmas juga harus mampu bersinergi dengan semua stakeholder di daerah sehingga penyebab timbulnya gangguan kamtibmas dapat diredam sejak dini.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment