Pesan Dirlantas Polda Kalteng Untuk Pemudik Jelang Lebaran

27 March 2024 - 15:00 WIB
polda kalteng

Tribratanews.polri.go.id - Palangka Raya. Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol. R S Handoyo, telah mengeluarkan serangkaian tips penting bagi para pemudik yang berencana untuk pulang ke kampung halaman dalam rangka menyambut hari raya.

Dengan meningkatnya volume kendaraan selama musim mudik, Dirlantas Polda Kalteng menekankan pentingnya perencanaan rute yang matang dan keberangkatan lebih awal untuk menghindari kemacetan yang parah.

Kombes Pol. Handoyo juga mengingatkan para pemudik untuk melengkapi administrasi pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 

Baca Juga: Polri: Kasus Kejahatan Naik 84 Persen di Periode 24-25 Maret

"Selain itu, kondisi kendaraan yang prima dan kesehatan pengemudi yang baik menjadi prioritas utama untuk memastikan perjalanan yang aman," ujar Dirlantas Polda Kalteng. Selasa, (26/3/24)

Untuk kenyamanan dan keamanan, Dirlantas Polda Kalteng menyarankan para pemudik untuk mempertimbangkan penggunaan angkutan umum.

Namun, bagi yang memilih untuk berkendara sendiri, diingatkan untuk tidak membawa muatan berlebih dan selalu mematuhi aturan lalu lintas. Apabila mengantuk atau lelah, pengemudi dihimbau untuk segera beristirahat di area peristirahatan yang tersedia.

Kombes Pol. Handoyo mengingatkan semua pemudik untuk selalu waspada terhadap segala bentuk tindak kriminal selama perjalanan.

"Dengan mengikuti saran dan peringatan ini, diharapkan perjalanan mudik tahun ini akan berjalan lancar dan aman bagi semua," jelasnya

(mz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment