BP2MI Ingatkan PMI Bekerja Baik Ketika Kerja di Negara Penempatan

14 May 2024 - 11:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani meminta para pekerja migran Indonesia (PMI) melaksanakan tugasnya dengan baik dan tidak kabur dari pekerjaan.

Sebab, hal itu akan berpengaruh terhadap potensi penempatan pekerja Indonesia lainnya.

"Hati-hati tiba di Korea jangan jadi kaburan. Karena terbanyak kaburan atau hampir keseluruhan dari sektor fishing, angkanya sudah banyak," ujar Kepala BP2MI Benny, Senin (13/5/2024).

Kepala BP2MI Benny menyampaikan bahwa informasi terkait tenaga kerja Indonesia yang kabur, kerap dikeluhkan oleh pemerintah Korea Selatan maupun Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan.

Baca Juga: Beri Arahan Personel Pengawalan VVIP KTT WWF, Kakorlantas : Semua Perjalanan & Kegiatan Dipantau di K3I

Maka itu, ia mengingatkan potensi para pekerja Indonesia yang kabur setelah tiba di negara penempatan, dapat menjadi korban orang tidak bertanggung jawab tanpa memikirkan dampaknya kepada individu tersebut.

Ia pun memperingatkan jika para PMI tersebut kabur dari tempat kerja tanpa laporan, maka akan berubah statusnya menjadi non-prosedural atau ilegal. Status tersebut membuat para pekerja tersebut menjadi lebih rentan dan juga dapat dikenai denda oleh pemerintah setempat jika terjaring razia.

"Yang saya khawatir suatu saat (pemerintah) Korea, misalnya, bosan dengan perilaku pekerja kita akhirnya dia mengatakan stop penempatan ke Korea yang kena puluhan ribu, ratusan ribu teman-teman kita. Hanya karena ulah satu, sepuluh atau seratus orang teman-teman kita," ungkap Kepala BP2MI Benny.

Data BP2MI memperlihatkan pendaftaran peserta ujian untuk penempatan PMI ke Korea Selatan mencapai lebih dari 62 ribu orang. Sementara dari Januari 2024 sampai 6 Mei 2024 sebanyak 3.654 orang sudah ditempatkan di Korea Selatan.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment