BNPT Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Keterampilan Petugas Lapas Membina Napiter

22 March 2024 - 15:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI meningkatkan keterampilan petugas pemasyarakatan dalam melakukan pembinaan terhadap kelompok rentan (perempuan, anak, dan remaja) yang sedang menjalani masa hukuman tindak pidana terorisme, sebagai salah satu program prioritas di 2024.

Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol. Ibnu Suhaendra mengungkapkan, peningkatan keterampilan tersebut dilakukan melalui Kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Kemampuan Petugas Pemasyarakatan dalam Penanganan Warga Binaan Tindak Pidana Terorisme yang berlangsung pada 19-21 Maret 2024.

Baca Juga: Kapolda Sumbar Kunjungi Dapur Lapangan dan Pos Kesehatan di Pesisir Selatan

"Kami berupaya meningkatkan keterampilan rekan-rekan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sebagai upaya kami mendukung pelaksanaan program pembinaan, khususnya bagi warga binaan tindak pidana terorisme terutama kelompok perempuan, anak, dan pemuda," ujar Deputi Irjen Pol. Ibnu, Jumat (22/3/24).

Menurutnya, penanganan terhadap warga binaan tindak pidana terorisme menjadi tantangan tersendiri, sehingga petugas pemasyarakatan dituntut untuk mampu membina agar para warga binaan melepaskan berbagai paham kekerasan yang selama ini dianut.

Deputi Irjen Pol. Ibnu menilai pembinaan warga binaan tindak pidana terorisme tidak dapat disamakan dengan warga binaan kasus kejahatan lainnya, apalagi yang termasuk dalam kelompok perempuan, anak, dan remaja.

"Petugas pemasyarakatan dituntut untuk mampu membina mereka agar dapat melepaskan diri dari paham kekerasan yang dianut-nya, memiliki pemahaman, serta dapat menerima pihak yang berbeda dengan mereka," jelas Deputi Irjen Pol. Ibnu.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment