Tingkatkan Daya Ingat hingga Cegah Resiko Kanker, Ini Sederet Manfaat Lokio

18 March 2024 - 06:45 WIB
Fimela

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Lokio atau dikenal juga dengan bawang batak bisa ditemukan hampir di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, lokio sering digunakan sebagai bumbu masakan, terutama makanan khas batak. Tak hanya menambah cita rasa, sayuran ini juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mengoptimalkan manfaat yang terkandung di dalamnya, Anda perlu mengolah dan mengonsumsi lokio dengan cara yang benar.

Lokio mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, kalsium, magnesium, dan serat. Selain itu, lokio juga bisa menjadi sumber antioksidan, seperti flavonoid dan saponin.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (16/3/24), berikut sederet manfaat yang melimpah dari lokio bagi tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan daya ingat

Baca Juga: Demi Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Aman dan Damai di Bulan Suci Ramadan, Kapolda Sumsel Pimpin Apel Gabungan

Berkat kandungan kolin, folat, dan antioksidan di dalamnya, lokio bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi makanan yang mengandung kolin dapat memelihara kesehatan dan fungsi otak. Hal ini juga diperkuat dengan fakta bahwa asupan kolin yang rendah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer.

Tak hanya itu, folat juga memiliki hubungan erat dengan gangguan otak dan suasana hati. Oleh karena itu, kombinasi antara folat dan kolin pada lokio dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan otak.

2. Mencegah osteoporosis

Lokio juga bermanfaat dalam mencegah osteoporosis. Manfaat lokio ini diperoleh dari kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi di dalamnya.

Meski lokio mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang, Anda tetap disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin K lain agar pencegahan osteoporosis lebih optimal.

3. Melancarkan pencernaan

Berkat kandungan antioksidan dan serat, lokio juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam lokio akan memperlancar pergerakan usus.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan beberapa masalah pencernaan, seperti diare dan disentri. Kandungan antioksidan pada lokio bahkan mampu mencegah terjadinya kanker usus besar.

4. Mencegah risiko terjadinya kanker

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa lokio mampu mencegah risiko kanker. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid dan saponin di dalamnya, yang merupakan antioksidan dan bersifat antiproliferasi. Kedua senyawa aktif tersebut mampu melawan pertumbuhan sel-sel kanker.

Meski begitu, penelitian yang menyebutkan manfaat lokio ini masih terbatas dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mengontrol tekanan darah

Tak hanya mencegah risiko terjadinya kanker, kandungan antioksidan dalam lokio juga mampu mengontrol tekanan darah. Manfaat ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menyatakan bahwa sifat antioksidan dalam vitamin C cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah, karena sifat diuretiknya.

Dengan demikian, kelebihan cairan di dalam tubuh pun bisa berkurang dan tekanan darah akan menurun.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment