Tidak Hanya untuk Anak Kecil, Berikut 8 Manfaat Mengkonsumsi Minyak Ikan Secara Rutin

23 April 2024 - 21:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Minyak Ikan memiliki banyak manfaat bagi kesahtan tubuh terutama otak dan jantung, minyak yang yang diekstraksi dari jaringan lemak ikan, seperti ikan tuna, teri, makerel, dan forel. Khasiat minyak ikan untuk kesehatan sebagian besar berasal dari asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya

Inilah 8 manfaat yang bisa diperoleh jika mengonsumsi minyak ikan secara rutin

1. Membantu Pengidap Autisme
Minyak ikan ternyata memiliki manfaat yang signifikan bagi pengidap gangguan spektrum autisme, mengonsumsi kapsul omega-3 setiap hari selama delapan minggu dapat membantu perbaikan perilaku dan komunikasi sosial pada anak pengidap autisme dan dapat meningkatkan konsentrasi dan memori kerja pada orang dewasa yang mengidap ASD.

2. Terbukti Mengatasi Gejala Radang Sendi
Meringankan gejala nyeri pada pengidap osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA). OA dapat merusak tulang rawan di persendian dan menyebabkan nyeri kronis hingga kecacatan. Sementara, RA merupakan penyakit autoimun yang membuat sel-sel dalam tubuh menyerang jaringan sehat di sekitarnya. Serangan tersebut yang memunculkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada persendian.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3,7 Guncang Wilayah Seram Bagian Timur, Maluku Hari Ini

3. Menurunkan Tekanan Darah
lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan, seperti DHA dan EPA, dapat membantu mengurangi tekanan darah secara signifikan. Hal ini mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

4. Melindungi Kesehatan Mata
Asupan asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang disebabkan oleh pertambahan usia. Degenerasi makula sendiri merupakan salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa berusia 60 tahun ke atas.

5. Mengurangi Peradangan
Mengonsumsi asam lemak omega-3 seperti DHA dan EPA melalui minyak ikan dapat memblokir sebagian aspek peradangan dan mengurangi risiko peradangan dalam jangka panjang.

6. Mengurangi Risiko Ansietas dan Depresi
Sebuah penelitian menemukan kadar asam lemak omega-3 yang rendah dalam darah dapat meningkatkan risiko ansietas dan depresi. Karenanya, mengonsumsi minyak ikan diyakini dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Tinjauan yang diterbitkan pada 2018 juga mengungkapkan pola makan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Peneliti menyimpulkan asam lemak omega-3 memiliki efek antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan di otak, sehingga mencegah ansietas dan depresi.

7. Memperkuat Tulang dan Otot
Kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat melindungi kepadatan mineral tulang di tulang belakang. Mengkonsumsi minyak ikan dapat menurunkan risiko patah tulang, khususnya di kalangan orang dengan risiko genetik yang tinggi.

8. Memelihara Kesehatan Otak
Peneliti menemukan suplementasi asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif pada orang dewasa.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment