Lima Jenis Makanan Ini Bisa Mencegah DBD

29 March 2024 - 06:45 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di sejumlah daerah di Indonesia mengalami kenaikan. Berdasarkan data yang dihimpun per tanggal 1 Maret 2024 terdapat sekira 16.000 kasus DBD di 213 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan 124 kematian.

Seiring dengan meningkatkan kasus DBD, masyarakat disarankan untuk melakukan pencegahan. Salah satu cara dengan menjaga asupan makanan sehari-hari.
Berikut makanan yang bisa mencegah DBD:

1. Pepaya
Ekstrak pepaya kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain yang membantu pencernaan, mencegah kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.
Mengonsumsi 30 ml jus daun pepaya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit. Oleh karena itu, pepaya dan daun pepaya ini cocok untuk pencegahan serta pengobatan demam berdarah.

Baca Juga: Polisi Berhasil Menangkap Ibu Rumah Tangga Atas Kepemilikan Senjata Api

2. Delima
Delima kaya akan nutrisi dan mineral penting yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga mengonsumsi buah delima dapat mengurangi rasa lelah dan letih. Selain itu, buah delima kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga jumlah trombosit darah.

3. Bawang Putih
Bawang putih adalah salah satu makanan anti-virus terbaik yang bisa Anda temukan saat ini. Bawang putih juga merupakan makanan penambah kekebalan yang membantu mengatasi gejala seperti peradangan, demam, dan sakit tenggorokan.
Sifat antimikroba dan antijamur jua membasmi kuman dan racun jahat sehingga mempercepat pemulihan.

4. Yogurt
Yogurt tidak hanya baik untuk pencernaan tetapi juga menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik. Yogurt bekerja sebagai probiotik yang merangsang produksi bakteri usus penting, menghilangkan racun, dan memberi lebih banyak manfaat kesehatan.

5. Brokoli
Brokoli adalah sumber Vitamin K yang sangat baik membantu meregenerasi trombosit darah. Sayuran hijau ini juga kaya akan antioksidan dan mineral. Dengan begitu, brokoli cocok untuk dikonsumsi sebagai pencegahan dan penyembuhan DBD.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment