Inilah Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Meminimalisir Kambuhnya Sakit Mag Saat Berpuasa

28 March 2024 - 21:00 WIB
klikdokter

Tribratanews.polri.go.id - Beberapa orang memiliki riwayat sakit mag yang berpuasa, dapat mengalami kambuh sakit mag. Hal itu terjadi jika kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi ketika sahur, dan berbuka puasa.

Dilansir dari rri, Kamis (28/3/24), berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kambuhnya sakit mag saat puasa, antara lain :

1. Tidak melewatkan sahur
Sahur adalah waktu yang sangat penting untuk memastikan kesehatan tubuh tetap baik selama puasa. Lakukan sahur setiap kamu akan berpuasa agar asam lambung tidak naik dan menyebabkan mag.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi pada saat sahur juga harus bernutrisi, agar bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain melakukan beberapa tip ini, sebaiknya untuk selalu sediakan obat-obatan untuk pertolongan pertama saat mag menyerang.

2. Berbuka puasa tepat waktu
Waktu buka puasa juga merupakan waktu yang sangat penting untuk memastikan bahwa asam lambung tidak naik. Asam lambung bisa menumpuk dalam perut ketika kosong.

Baca Juga: Periode 28-31 Maret, BI-Perbankan Buka Kuota Penukaran Uang hingga 5.000 Orang per Hari

Jika perutmu tetap kosong padahal sudah memasuki waktunya berbuka yang naik dapat menyebabkan sakit mag. Rasa mual juga bisa ikut serta terasa karena hal ini.

Apabila belum punya waktu untuk memakan makanan besar ketika berbuka, bisa makan dalam porsi yang sedikit dahulu. Bisa juga mengonsumsi air putih dan kurma, kemudian melanjutkan makan dalam satu sampai dua jam setelahnya.

3. Tidak makan berlebihan
Makan dalam jumlah banyak di waktu yang sedikit bisa menyebabkan tekanan pada lambung. Kuantitas makanan yang banyak bisa menyebabkan organ pencernaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna.

Karena hal ini, asam lambung juga bisa naik. Pastikan mengonsumsi makan dengan jumlah yang sesuai, tidak terlalu banyak ataupun sedikit, untuk menghindari sakit mag.

4. Tidak mengonsumsi kafein sebelum makan
Kafein merupakan zat yang bisa meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh. Karena itu, sebaiknya minuman atau makanan yang mengandung kafein tidak kamu konsumsi dengan perut kosong.

Pastikan nutrisi lain sudah masuk terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kafein. Selain itu, juga bisa membatasi minuman berkafein yang dikonsumsi ketika berpuasa.

5. Menghindari langsung tidur setelah makan
Ahli medis menyarankan, seseorang sebaiknya tidak berbaring atau tidur langsung setelah mereka makan. Jika melakukan hal ini, pencernaan dapat mengalami masalah dan mag bisa terjadi.

Sebaiknya, berbuka dua sampai tiga jam sebelum tidur. Hal ini agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan.

6. Menghindari makanan yang terlalu asam dan pedas
Makanan dengan rasa asam dan pedas yang sangat tinggi bisa berdampak buruk pada asam lambung. Makanan-makanan ini juga bisa memicu sakit mag karena rasanya yang kuat.

7. Jangan minum soda saat berbuka puasa
Sebab soda dan minuman berkarbonasi lainnya dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Tidak berhenti sampai di situ, minum minuman bersoda juga menyebabkan asam dari perut naik ke tenggorokan. Meminumnya saat berbuka dapat menimbulkan rasa seolah-olah terbakar di tenggorokan.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment