Multigrain Kaya Akan Khasiat? Ini Penjelasannya

9 April 2024 - 07:15 WIB
Hypefit

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Multigrain merupakan makanan yang menggabungkan beragam jenis beras, gandum, biji-bijian, hingga kacang-kacangan.

Inilah yang menjadikan multigrain begitu menyehatkan, sebab campuran dari gandum dan biji-bijian tersebut mengandung banyak gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya bahkan sangat kaya vitamin dan mineral.

Pakar kesehatan telah membuktikan langsung keunggulan multigrain yang tak hanya berfungsi sebagai sumber energi, tetapi juga baik bagi kesehatan. Berikut manfaat multigrain untuk kesehatan.

Adapun itu, biji-bijian seperti oat meal dan oat bran mengandung serat larut air yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebelum diserap tubuh, serat larut air akan membersihkan partikel kolesterol di sistem pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum diserap oleh usus.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (6/4/24), berikut sederet khasiat dari multigrain yang dapat Anda peroleh, antara lain:

Baca Juga: Kapolda Gorontalo Tinjau Lokasi Banjir Di Kec. Tolinggula

1. Kaya akan antioksidan

Melansir dari WebMD, tak hanya kaya akan serat, multigrain mengandung antioksidan yang dapat memelihara kesehatan tubuh kamu dengan menangkal radikal bebas.

Salah satu jenis multigrain tersebut adalah quinoa. Kamu dijamin tidak mudah jatuh sakit ketika cuaca kian ekstrem atau kelelahan setelah bepergian.

Dilansir dari The Telegraph, quinoa mengandung beta-glucan, yaitu jenis gula yang membantu tubuh menghasilkan sel-sel sistem imun.
Jangan salah, meski kandungan karbohidratnya lebih rendah dari beras, quinoa memiliki protein lebih tinggi.

Kandungan inilah yang dapat memperkuat sel-sel tubuh dan menjaga kesehatan tulang, otot, dan mempercantik kulit.

2. Mengurangi risiko diabetes

Dilansir dari Everyday Health, para pakar diabetes menyarankan untuk memakan gandum dan biji-bijian untuk mengurangi diabetes hingga 16 persen.

Sebab, multigrain seperti gandum utuh, quinoa, dan bulgur memiliki glikemik indeks rendah dibanding beras putih. Tak hanya itu, multigrain juga merupakan sumber vitamin B, vitamin E, kalium, dan zat besi.

3. Mengontrol berat badan

Berat badan yang terkontrol akan menjauhkanmu dari obesitas dan berbagai bahaya lainnya. Mengonsumsi multigrain dalam porsi cukup dapat menjadi sumber kalori yang baik untuk aktivitasmu sehari-hari.

Dibanding mengonsumsi kalori berlebih yang akan menggiring kamu kepada obesitas, disarankan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti multigrain sebagai asupan harian.

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi serat, seperti yang terkandung dalam multigrain, dapat menjadi sumber kalori harian yang aman dan sehat. Mengonsumsi serat tidak akan membuat tubuhmu lemas karena serat memberikan energi dan juga membuat kamu kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, multigrain mengandung kalori lebih rendah dan bebas gluten dibanding beras. Kamu juga bisa mengonsumsi multigrain di jam snacking tanpa perlu takut berat badan naik.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment