Kapolri Pimpin Rakor Lintas Sektoral Mudik Lebaran 2024

25 March 2024 - 13:57 WIB
Divisi Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo memimpin rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Operasi Ketupat 2024. Rakor tersebut keempat kalinya diselenggarakan demi mematangkan pengamanan mudik tahun ini.

Hadir Menko PMJ Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Kepala BMKG Dwikorita, Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, serta pejabat utama Mabes Polri.

Jenderal Sigit menyatakan, jumlah pemudik tahun ini memang mengalami peningkatan hingga 56% atau mencapai 193 juta. Namun, diharapkan jumlah kecelakaan lalu lintas menurun seperti saat mudik 2023.

“Namun demikian karena yang mudik kali ini meningkat, kita mengharapkan laka lantas dan juga kemacetan lalu lintas di tahun 2024 ini betul-betul bisa kita kelola dengan baik," ujar Kapolri usai Rakor Lintas Sektoral Mudik 2024, Senin (25/3/24).

Sementara itu, Menko PMK mengimbau agar para pemudik mempersiapkan dengan matang perjalanan yang akan dilakukan. Pengecekan kendaraan harus dilakukan demi memastikan dalam kondisi layak dan aman.

Kemudian, ia juga mengimbau agar pemudik lapor ke RT/RW, serta Babinkamtibmas sebelum meninggalkan rumah. Kondisi pemudik sendiri, terutama yang akan mengemudikan kendaraan harus benar-benar bugar dan cukuo istirahat.

Saat perjalanan, jelasnya, pemudik harus memastikan saldo e-toll cukup. Selain itu, kendaraan harus diisi sesuai dengan kapasitas yang seharusnya.

Baca Juga: Kemenkes: Kasus TBC di Indonesia Meningkat hingga 77 Persen pada 2023

"Jangan berhenti ddan parkir di bahu jalan tol karena banyak sekali kejadian kecelakaan karena parkor dan berhenti di bahu jalan dan diseruduk dari belakang. Karena itu kami benar-benar minta diperhatikan," ungkapnya.

Menurutnya, pemudik juga diimbau membatasi pemberhentian di rest area maksimal 30 menit. Apabila sudah selesai dengan keperluan atau istirahat di rest area, maka dipersilakan bergeser demi menghindari kepadatan.

Ia mengaku, untuk rest area akan ada penambahan toilet portabel, terutama untuk perempuan. Sebab, cenderung yang membutuhkan waktu lama di toilet adalah perempuan.

Tidak hanya itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak mudik dengan menggunakan motor. Berbagai program mudik gratis terlah disediakan dan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

"Pemudik yang akan menyebrang hendaknya segera membeli tiket secara online lewat aplikasi dan sementara ini dipastikan tidak ada pembelian tiket di luar online," ujarnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment