Kapolda Kalbar dan Pangdam XII/Tpr Gelar Apel Cek Kesiapan Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden

19 March 2024 - 10:30 WIB
mediapolri.id

Tribratanews.polri.go.id - Kubu Raya. Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen. TNI. Iwan Setiawan, S.E., M.M., dan Kapolda Kalbar, Irjen. Pol. Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Pengamanan Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia di wilayah Kalimantan Barat. Apel dilaksanakan di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr, Senin (18/3/24).

Dalam apel gelar ini dilakukan pengecekan kesiapan Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) VVIP, baik personel, materiil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kunjungan Presiden RI di Kalbar nantinya dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Mayjen. TNI. Iwan Setiawan mengatakan bahwa kunjungan Presiden akan dilaksanakan selama dua hari di Wilayah Kalimantan Barat.

Baca Juga: Polda Metro Ungkap Jalur Rawan Macet Selama Ramadhan di Jakarta

“Kita selalu menyesuaikan dengan dinamika yang ada, Dan kita akan berikan penyambutan dan pengamanan yang terbaik sehingga Presiden akan merasa aman dan nyaman,” ujar Mayjen. TNI. Iwan Setiawan.

Mayjen. TNI. Iwan Setiawan menambahkan bahwa untuk TNI akan mengerahkan sebanyak kurang lebih 5 ribu personel dan dari Polda Kalbar kurang lebih 3400 personel. Pasukan pengamanan akan digelar di titik-titik yang akan dikunjungi,juga sepanjang rute perjalanan.

“Termasuk objek-objek lain yang dikunjungi secara situasional. Yang jelas pasukan kita akan totalitas. Apa yang dibutuhkan sesuai prediksi kita di lapangan termasuk kalau ada permintaan dari Paspampres kita akan dukung dengan optimal sehingga semua bisa berjalan aman, lancar dan terkendali,” ujar Mayjen. TNI. Iwan Setiawan.

Terkait hal tersebut, Irjen. Pol. Pipit Rismanto mengatakan bahwa pihak Polda Kalbar akan membantu dan berkolaborasi dengan Kodam XII/Tpr dalam pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI ke Kalimantan Barat.

“Agar semua rangkaian kegiatan kunjungan Presiden RI berjalan aman. Sehingga beliau dapat melaksanakan kunjungan ke beberapa tempat yang nantinya akan kita jadikan obyek pengamanan. Kami menyiagakan dan membantu Kodam sekitar 3.400 personel dari Satgas Polda dan Polres,” tutup Irjen. Pol. Pipit Rismanto.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment