Menlu Retno Marsudi: Pemerintah Telah Kirim 2 Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Palestina

28 November 2023 - 10:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan Pemerintah Indonesia telah mengirimkan dua tahap bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina yang menjadi korban konflik di Gaza.

"Indonesia telah mengirimkan dua tahap bantuan kemanusiaan, baik yang berasal dari Pemerintah maupun dari masyarakat melalui lembaga-lembaga kemanusiaan," ujar Menlu Retno dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/11/23).

Baca Juga: Komnas HAM Minta Masyarakat dan Relawan Paslon Aktif Pantau Proses Pemilu 2024

Menlu Retno mengatakan bantuan kemanusiaan untuk Palestina tahap pertama seberat 50,8 ton telah diterbangkan dari Jakarta pada 4 November dan telah masuk ke Gaza, Palestina.

Kemudian, bantuan tahap kedua seberat 39,6 ton, yang terdiri atas 21,2 ton bantuan dari Pemerintah dan 18,4 ton bantuan dari masyarakat, telah diterbangkan dari Jakarta pada 20 November.

"Dan seluruh bantuan tahap kedua ini sudah berhasil masuk ke Gaza," tambah Menlu Retno. Ia menjelaskan mekanisme pengiriman bantuan dari Indonesia untuk Palestina itu dikirimkan ke Bandara Al Arish, Mesir, dan diserahterimakan ke Bulan Sabit Mesir.

"(Kemudian) Pengecekan barang oleh Israel di check point Nitzana untuk kemudian dikirimkan ke Gaza melalui Rafa dan diserahkan ke Bulan Sabit Merah Palestina dan UNRWA (Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina)," tutup Menlu Retno.

ndt/hn/nm

Share this post

Sign in to leave a comment