Peran Perguruan Pencak Silat dalam Mendukung Cipta Kamtibmas Kondusif

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Gesekan antar perguruan silat di Kabupaten Trenggalek masih kerap terjadi, meskipun sebenarnya sudah jauh berkurang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Banyak faktor yang menjadi penyebab pertikaian antar perguruan pencak silat ini. Dari masalah sepele bisa menjadi pertikaian besar jika sudah menyinggung soal kehormatan dan solidaritas antar anggota perguruan pencak silat.

Polsek Karangan Polres Trenggalek yang merupakan basis dari berbagai perguruan pencak silat menilai bahwa semua permasalahan bisa diselesaikan dengan komunikasi. Oleh karena itulah, hari ini Polsek Karangan Polres Trenggalek menggelar silaturahmi antar ketua dan pengurus perguruan silat.

Menggunakan aula Mapolsek, pengurus tiga perguruan pencak silat yakni PSHT, Pagar Nusa dan IKSPI hadir untuk berdialog dengan pihak Kepolisian.

Dalam sambutannya, Kapolsek Karangan Polres Trenggalek, AKP Sutrisno, SH menyampaikan bahwa perguruan silat memiliki peran penting dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas kondisuf di Kecamatan Karangan. Ia juga berharap dukungan dan kerjasama perguruan pencak silat untuk menciptakan suasana damai dan nyaman di wilayahnya. Selain itu AKP Sutrisno mengapresiasi PSHT yang telah melaksanakan kerja bakti di makam Mbah Puteh Desa Kayen Karangan.

“Kami berharap perguruan lain mampu mewujudkan kegiatan dan image positif masyarakat terhadap perguruan pencak silat”, ujar AKP Sutrisno.

Lebih lanjut mantan Kapolsek Durenan Polres Trenggalek ini juga menegaskan bahwa kegiatan silaturahmi seperti ini akan dilaksanakan secara periodik 6 bulan sekali agar terjalin hubungan yang harmonis antar perguruan pencak silat.

Penulis : Ady
Fotografer : Humas Polsek Karangan
Editor : Umi Fadilah
Publish : Handoko

Admin Polri55935 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password