Apa dan Bagaimana Siwas Pantau Kinerja Kepolisian Sehari-Hari ? Inilah Ulasannya

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Bagi masyarakat awam, istilah Siwas atau Seksi Pengawas di Kepolisian mungkin terdengar asing. Maklum saja, tugas pokok Siwas memang bersifat internal. Secara umum tugas Siwas adalah menyelenggarakan monitoring dan pengawasan baik secara rutin maupun insidentil terhadap pelaksanaan kebijakan pimpinan dibidang pembinaan dan operasional yang dilakukan oleh semua unit kerja, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pencapaian kinerja serta memberikan saran tindak terhadap penyimpangan yang ditemukan.

Ada pertanyaan menggelitik dari masyarakat, apakah Siwas sama dengan Sipropam karena sama-sama berfungsi sebagai pengawas ? Kasiwas Polres Trenggalek,  Iptu Andi Salbi, Amd.Kep, SH, menerangkan, ada perbedaan mendasar antara Siwas dan Sipropam. Tugas dan fungsi Sipropam adalah melaksanaan pembinaan dan pemeliharaan disiplin, pengamanan internal, pelayanan pengaduan masyarakat yang diduga dilakukan oleh anggota Polri dan/atau PNS Polri, melaksanakan sidang disiplin dan/atau Kode Etik Profesi Polri, serta rehabilitasi personel

“Siwas bersifat administratif termasuk kajian dan evaluasi kinerja, sedangkan Sipropam lebih ke operasional menyangkut disiplin personel”, jelas Iptu Andi.

Dalam rangka memastikan kinerja satuan atau subsatker telah menjalankan tugasnya sesuai prosedur dan juknis yang ada, Siwas Polres Trenggalek melaksanakan supervisi ke Polsek jajaran Polres Trenggalek. Tiga Polsek yang menjadi sasaran diantaranya Polsek Pule, Gandusari dan Polsek Durenan Polres Trenggalek.

“Tujuannya untuk melihat rencana kerja Polsek dan memeriksa hasil pelaksanaan tugas serta penyerapan anggaran”, tegas Iptu Andi.

Dalam penyerapan anggaran Siwas Polres Trenggalek mengecek dan memastikan anggaran benar-benar sesuai dengan peruntukannya dan tidak terjadi penyalahgunaan anggaran. Selain itu Siwas Polres Trenggalek juga memastikan tidak ada duplikasi dalam penyerapan anggaran yang digunakan.

Penulis : Ady
Fotografer : Siwas Polres Trenggalek
Editor : Umi Fadilah
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password