Murid PAUD Diajarkan Tertib Berlalu Lintas dan Diajak Hindari Narkoba

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Manado bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Manado, Perhimpunan Putra Putri Brimob (PPP Brimob) Sulut dan Pemerintah Kelurahan Kleak Manado, menggelar sosialisasi tertib berlalu lintas dan bahaya narkoba di PAUD Berkat, Kleak, Rabu (15/03/2017) pagi.

Kegiatan diikuti seluruh murid di PAUD tersebut, yang terdiri dari murid Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB) dan Tempat Penitipan Anak. Narasumber untuk materi tertib berlalu lintas adalah Tim Sat Lantas Polresta Manado yang diketuai AKP Meidty Korobu, beranggotakan Aiptu Hiola, Bripda Novita Mahmud dan Bripda Chintya Pagayang.

Disesi ini, Tim Sat Lantas Polresta Manado mengenalkan rambu-rambu lalu lintas lewat berbagai gambar. Murid-murid yang sebagian besar berseragam ala polisi ini terlihat antusias mendengarkan penjelasan dari tim. Beberapa lagu bertemakan tertib berlalu lintas juga diajarkan dan dinyanyikan bersama. Selain itu, para murid juga diajarkan cara menyeberang jalan yang benar di zebra cross, yang diperagakan menggunakan zebra cross buatan.

pocil-4
Sedangkan untuk materi bahaya narkoba, disampaikan langsung oleh Kepala BNNK Manado, AKBP Eliazar Sopacoly bersama staf, yakni Diane Kawatu dan Livy Sumampouw. Murid-murid diajak untuk menghindari serta menolak narkoba dalam bentuk apapun. “Anak-anak harap berhati-hati jika ada yang memberikan permen atau sejenisnya yang tidak dikenal,” pesan AKBP Sopacoly.

Diane Kawatu dan Livy Sumampouw kemudian memaparkan contoh-contoh bahaya narkoba dan jenis-jenis narkoba melalui gambar. Setelah itu murid-murid juga diajarkan lagu bertemakan anti narkoba dan ye-yel stop narkoba yang diperagakan bersama-sama dengan penuh semangat dan ceria.

Pengurus PPP Brimob, Lexie Kalesaran mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa disiplin dan tertib berlalu lintas serta menghindari narkoba kepada anak-anak sejak usia dini.

“Sedari kecil hendaknya dibiasakan tertib berlalulintas,” ujarnya. Kewaspadaan terhadap bahaya narkoba, lanjut Lexie, seyogianya juga diajarkan sejak dini. “Ajarkan kepada anak-anak agar mereka tidak mudah menerima pemberian seperti permen dari orang yang tidak dikenal,” tambahnya.

pocil-3
Sementara itu Kepala TK, Sonya Rumondor sangat mendukung dan menyambut baik sosialisasi tersebut. “Terima kasih kepada Sat Lantas Polresta Manado, BNNK Manado dan PPP Brimob Sulut yang telah memberikan pembekalan positif kepada anak-anak,” ujarnya, seraya berharap kegiatan serupa dilaksanakan secara berkesinambungan.

Senada dengan Sonya, Lurah Kleak, Caroline Sangeroki mengapresiasi kegiatan ini. “Kami pihak Pemerintah Kelurahan Kleak mendukung penuh kegiatan ini, karena dapat mengajarkan kedisiplinan berlalu lintas serta menghindarkan anak-anak dari pengaruh narkoba,” pungkasnya.

Penulis: Rony
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password