Dukung Prinsip Clear and Clean, Polda Sumsel Adakan Pelatihan Bagi Panitia Penerimaan Polri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel, Pelatihan operator penerimaan dan pelaksanaan uji kesamaptaan jasmani penerimaan anggota Polri Ta.2017 di Gedung Catur Cakti Polda Sumsel. Kamis (16/3)

Proses rekrutmen Polri yang baik akan memperoleh calon sumber daya manusia yang berkualitas dan siap untuk mengikuti pendidikan pembentukan anggota Polri. Sebaliknya apabila proses penerimaan anggota Polri dilaksanakan tidak berpedoman pada prinsip BETAH “ Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis” dapat diprediksi dimasa mendatang Polri akan menanggung resiko kerugian selama 40 tahun masa dinas yang bersangkutan sebagai anggota Polri, bukan kontribusi pengabdian yang didapat namun justru membebani institusi Polri.

Waka polda Sumsel Brigjen pol. Drs. Asep Suhendar saat membacakan sambutan Kapolda Sumsel mengatakan saat ini Polri melalui Biro SDM dalam proses penerimaan Polri Ta. 2017 berkomitmen mewujudkan proses penerimaan secara Clear and Clean bersih dari segala pelanggaran, penyimpangan dan bebas dari KKN.

WhatsApp Image 2017-03-16 at 10.27.06 (1)

Bukti nyata Polda Sumsel mendukung prinsip Clear and Clean pada proses penerimaan Polri tahun ini yaitu melibatkan Pejabat Utama Polda diluar Biro SDM dikepanitiaan dan telah diambil sumpahnya secara serentak di Mabes Polri beberapa waktu yang lalu. Hari ini kita mengadakan pelatihan peningkatan SDM yang terbagi dalam dua tahap antara lain Pelatihan dan praktek proses pendaftaran anggota Polri secara online pesertanya para Kabag Sumda Polres beserta operator Pabanrim jajaran dan Pelatihan pelaksanaan uji kesamaptaan jasmani pesertanya panitia uji kesemaptaan jasmani dengan melibatkan unsur dari Biro SDM, Sat Brimob dan SPN polda Sumsel. Kita datangkan Tim Pelatih untuk memberikan materi pelatihan dan praktek lapangan uji kesamaptaan jasmani agar sesuai standar penilaian, ujar Waka Polda

Waka Polda menjelaskan, kedua jenis pelatihan ini sangat menunjang proses tahapan penerimaan anggota Polri, sehingga masyarakat yang berminat untuk menjadi anggota Polri dapat melakukan pendaftaran secara Online dan diakomodir oleh masing – masing Pabanrim jajaran. Selain itu tahapan uji kesamaptaan jasmani dapat berjalan secara obyektif dengan didukung sarana maupun prasarana yang baik serta kesiapan panitia pelaksana uji kesamaptaan yang profesional dan kompeten.

Diakhir sambutannya Brigjen Pol. Drs. Asep Suhendar berpesan berikan informasi seluas – luasnya kepada masyarakat untuk menarik animo pendaftaran, lakukan proses tahapan penerimaan secara Clear and Clean, pedomani prinsip Betah “ Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis “, pastikan peralatan yang akan digunakan selama proses tahapan penerimaan anggota Polri sudah dilakukan Audit dan Kalibrasi oleh pihak yang berkompeten dan manfaatkan peran pengawas internal maupun eksternal untuk menjamin transparansi proses dan hasil tes yang obyektif dan akuntabel.

 

 

Penulis : Yulius

Editor.  : Umi Fadilah

Publish : Yulius

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password