Warga Dihebohkan Penemuan Meriam Jaman Peninggalan Belanda

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Warga kampung Rajang Jorong Langgam Nagari Kinali Kab. Pasaman Barat, tadi malam dihebohkan dengan penemuan Meriam yang diduga merupakan peninggalan jaman Belanda, Rabu (15/3).

Kapolres Pasaman Barat AKBP Joko Ananto, S.Ik mengatakan meriam jaman Belanda tersebut ditemukan oleh seorang warga yang sedang menggali tanah.

“Penemuan meriam tersebut saat salah seorang warga setempat sedang menggali tanah”, ujar AKBP Joko Ananto kepada Tribratanews.polri.go.id.

Meriam yang diketahui berukuran panjang 1,5 meter dengan diameter 20 cm ini ditemukan oleh seorang warga Kampung Rajang Nagari Kinali bernama Ilham Effendi.

Pada saat Ilham sedang mengerjakan pembuatan kolam ikan dengan mencangkul tanah, cangkul yang digunakan mengenai besi yang ada didalam tanah.

Karena penasaran, Ilham terus menggali dan ternyata besi tersebut adalah sebuah meriam diduga peninggalan perang zaman penjajahan Belanda, pada meriam tersebut terdapat tulisan buatan 1734 dan dibagian tengah dengan tulisan VOC.

IMG-20170315-WA0134

Warga yang menemukan benda tersebut langsung memberitahukan kepada aparat kepolisian setempat, tidak lama kemudian Polisi dari Polsek Kinali langsung menuju lokasi dan mengamankan tkp dengan memasang garis polisi.

“Saat ini meriam tersebut sudah diamankan di Polsek Kinali Polres Pasaman Barat “, ucap Kapolres Pasbar. (*).

Penulis : R. Fauzi
Editor : Umi Fadilah
Publish : Humas Polda Sumbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password