Polisi Role Mode : Inilah Perjuangan Babinkamtibmas Untuk Mengunjungi Desa Binaannya

WhatsApp Image 2017-03-15 at 14.42.59

Tribratanewspolri.go.id – Polres Tebo Jambi, kegiatan seorang Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugas nya tidak lah selalu tampak mudah. Hal ini lah yang di rasakan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sumat Brigpol Franky dalam mengujungi Desa Binaanya.

Bagi warga perkotaan mungkin sangatlah ringan tugas seorang Bhabinkamtibmas dalam mengunjungi Desa Binaanya yang hanya menempuh beberapa KM dengan jarak Desa yang tidak terlalu jauh dengan jalanan yang mulus dengan aspal, namun hal itu tidak berlaku bagi Brigpol Franky. Dalam perjalanan menuju Desa Binaanya, Brigpol Franky harus menempuh perjalanan yang memakan waktu 3 jam perjalanan. Selain itu medan yang dilalui masih dalam kondisi tanah terutama pada saat memasuki musim penghujan ini, jalanan yang terjal dipenuhi lumpur. Akan tetapi hal itu tak menyurutkan semangat Brigpol Franky untuk mengunjungi Warga Binaanya.

Dimana Brigpol Franky mengunjungi Desa binaanya di Dusun Samarantihan ( Talang Mamak ) KM.33 Desa Suo Suo Kecamatan Sumay kabupaten Tebo. Pada Dusun tersebut warga yang mendiami adalah Suku Anak Dalam (SAD) serta campuran warga trans Jawa Lampung dengan jumlah kurang lebih 60 kk. Pada kesempatan tersebut Brigpol Franky bertatap muka dengan kadus Simaratihan Sdr Fahmi yang di dampingi oleh Ketua RT.12 Sdr Hermanto.

Dalam Kunjungan nya tersebut Brigpol Franky menyamaikan pesan – pesan Kamtibmas Kepada Kadus dan RT agar selalu berpartisipasi menjaga Kelestarian Hutan mengingat lokasi dusun persis berada di kaki bukit tiga puluh dan berbatasan langsung dengan Provinsi Riau. Selain itu Bhabinkamtibmas juga menghimbau jika ada warga baru agar segera dilakukan pengecekan dan dilaporkan ke pihak setempat. serta memberikan himbauan larangan untuk menyimpan atau menguasai senjata api rakitan.

Kapolsek Sumay Akp Argun Rohim saat dikonfirmasi membenarkan kegiatan anggotanya tersebut. “Ya seperti yang sudah kami arahkan ke anggota, hal ini dilakukan dalam rangka menjaga situasi agar tetap kondusif, selain itu kami juga dapat memonitoring kegiatan di dalam hutan sana serta mencari informasi – informasi yang berkembang disana. Selain itu dengan hadirnya Polisi ditengah – tengah mereka yang pemukimannya jauh dari perkotaan dapat memberikan rasa nyaman dan aman kalaupun ada masalah warga bisa langsung menyampaikan ke Bhabinkamtibmasnuya untuk dapat segera di tindak lanjuti”, Jelas Akp Argun Rohim.

“Dusun simarantihan adalah dusun paling ujung di Desa Suo-Suo di Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo. Selain jalannya hanya tanah tanpa ada batunya apabila hari hujan tidak tidak memungkin untuk sampai ke Dusun tersebut. Selain akses jalan juga ada 1 sungai yaitu sungai sekalo yangg apabila musim hujan tidak bisa di lewati karena aliran air sangat deras”, Tambah Akp Argun Rohim.

Penulis : Dian SM
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Dian SM

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password