Dit Lantas Polda DIY Telah Menerapkan E-Tilang

Tribratanews.polri.go.id -JOGJA- Polda DIY mulai Senin kemarin (13/03/2017-red) sudah menerapkan Elektronik tilang atau e-tilang. E-Tilang bisa mempercepat dan mempermudah proses tilang terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melanggar peraturan di jalanan. Dengan e-tilang, sidang dan proses lainnya bisa dilakukan langsung di tempat.

“Penerapan tilang online ini atau E-Tilang ini sudah berjalan di Jogja mulai Hari Senin kemarin (13/03-red). (untuk) Seluruh DIY setelah penerapan E-Tilang sejak senin, berkisar 250an jumlah tilang Online (yang telah dilakukan penindakan)”, kata Kompol Aris Waluyo di sela-sela Penindakan Pelanggar Lalu Lintas di Jalan Kapas, Kusumanegara Yogya, Rabu (15/03/2017).

7aad4433-d97d-4e46-a655-a1c1c5933b28“Ini tujuannya untuk mempermudah masyarakat apabila terkena tilang atau melanggar, ini tidak perlu sidang. Jadi langsung disitu nanti ditilang oleh petugas, di Aplikasi nya (E-Tilang) data dimasukkan, kemudian menunjukkan berapa dendanya, terus nanti tinggal membayar di ATM, atau (jika pelanggar memiliki) Mobile Banking, (tetapi) kalau tidak punya, (maka proses pembayaran) bisa langsung ke (Loket) BRI”, ujar Kompol Aris yang Juga menjabat sebagai Kasi Dakgar (Penindakan Pelanggaran) Ditlantas Polda DIY.

Kompol Aris menjelaskan bahwa diaplikasi E-tilang ini sudah ada kode Briva atau rekening dari BRI Pusat. Kalau sudah membayar maka selesai proses penilangannya. Pembayaran tilang tersebut bisa melalui EDC yang disiapkan Petugas atau pun bisa membayar di loket BRI terdekat. Dan selanjutnya, petugas Polri (yang melakukan Penindakan) bisa langsung menyerahkan barang bukti kepada Pelanggar saat itu juga.

“Aplikasi tersebut langsung terhubung dengan (server) Mabes Polri. Seluruh Indonesia sama (aplikasinya)”, tegas Kompol Aris.

Tujuan E-Tilang ini, untuk menghilangkan terjadinya transaksi uang antara pelanggar dengan pihak petugas Kepolisian. Disamping itu untuk menghilangkan stigma negative di masyarakat. Diharapkan dengan penerapan E-Tilang ini mempermudah masyarakat dalam membayar tilang dan menghilangkan peluang masyarakat untuk menyuap Oknum Anggota Polri yang melakukan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas.

Penulis : dheNy
editor : Umi Fadilah
publish : jay

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password