Pengecekan Kejiwaan Pesonil, Polres Lampung Selatan Gelar Test Psikologi

Tribratanews.polri.go.id – Polres Lampung Selatan. Bertempat di Aula Bharadaksa Polres Lampung Selatan, Rabu (15/3/2017), dilaksanakan pembinaan dan tes psikologi bagi personel Polres Lampung Selatan. Pembinaan dan tes psikologi bertujuan untuk mapping yang diikuti oleh seluruh perwira dan PNS Golongan III, juga untuk tujuan penggunaan senjata api bagi para pelaksana tugas opsnal. Tim dari Bagian Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (Bag Psi-Ro SDM) Polda Lampung memberikan pelayanan kepada anggota yang ada di Satuan Kewilayahan dengan mendatangi Kesatuan tersebut untuk mempermudah anggota mendapatkan pelayanan tes psikologi. Sekitar 150 anggota Polres Lampung Selatan dan jajaran mengikuti tes psikologi tersebut.

Waka Polres Lampung Selatan, Komisaris Polisi (Kompol) Ketut Suryana,SIK,SH,MH dalam sambutannya mewakili Kapolres, antara lain mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakannya pembinaan psikologi ini adalah untuk mengantisipasi masalah kejiwaan / psikis personel, terutama sebagai persyaratan penggunaan senpi. Karena dalam pelaksanaan tugas, atau dalam keluarga, personel sering dihadapkan kepada masalah-masalah pelik dan susah dipecahkan sehingga menimbulkan depresi, stres, dan kejiwaan tidak stabil. Demikian tutur Kompol Ketut Suryana.

DSC09929
Peserta Tes Psikologi Sedang Menyimak Arahan Dari Kabag Psi Polda Lampung, AKBP Isti Rahayu,S.Pd,S.Psi,M.Ps

Sementara itu, Kabag Psikologi Ro SDM Polda Lampung, AKBP.Isti Rahayu,S.Pd,S.Psi,M.Psi, antara lain menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mendidik anggota untuk berdisiplin mengikuti cara dan aturan yang benar, melatih meredam emosional sehingga mereka layak dikatakan sebagai manusia yang kondisi psikisnya stabil. Emosional perlu dikontrol sehingga tidak melakukan hal-hal yang membahayakan. Seperti telah dijelaskan bahwa, ketentuan pelayanan tes psikologi di Bag Psi Polda Lampung dilayani pada pagi hari sampai dengan jam 11.00 WIB. Karena pada saat-saat itulah daya pikir dan kondisi psikis sedang optimal. Demikian antara lain penjelasan Kabag Psi, AKBP. Isti Rahayu.

Pada kesempatan itu, Kabag Psi juga melaksanakan Pembinaan Konseling bagi para Polwan Polres Lampung Selatan, yang dilaksanakan di Masjid An Nur. (*)

(Penulis : Suripto –  Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password