Kabid Humas Polda Gorontalo Hadiri Rakernis Humas Polri T.A 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Plt. Kabid Humas Polda Gorontalo bersama Kaur Mitra Polda Gorontalo hadiri Rakernis Humas Polri T.A 2017 yang dilaksanakan Divisi Humas Polri di gedung Rupatama Mabes Polri, Rabu Maret 2017.Kali ini Humas Polri mengangkat Tema “Penguatan Manajemen Media Dalam Rangka Meningkatkan Reputasi Polri Guna Mewujudkan Polri yang Promoter”.

Rakernis ini dibuka langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yaitu Jenderal Polisi Tito Karnavian, M.A., Ph.D, dan turut dihadiri juga oleh Wakapolri Komjen Pol. Syafruddin, Pejabat Utama Mabes Polri, Kabid Humas se-Indonesia, Putri Indonesia, dan pimpinan redaksi dari berbagai media lokal maupun nasional.

Dalam Arahanya, Kapolri menyampaikan bahwa Salah satu misi Polri adalah membangun Public Trust, oleh karena itu dalam menghadapi masyarakat yang liberal dan terbuka perlu dukungan dari  media karena media memiliki pengaruh dalam arah kebijakan negara.

Elemen negara yang ingin survive harus mendapat dukungan dari masyarakat, sehingga Polri perlu meningkatkan kinerja dalam pengelolaan kamtibmas, meningkatkan profesionalisme gakkum dan perbaikan cultural, serta manajemen Media.

Sejak reformasi Polri (Thn 2000), Polri telah melakukan reformasi struktural, reformasi instrumental dan reformasi kultural. Tapi reformasi kultural masih lambat, sehingga menjadi penghambat dlm membangun Public Trust.

Media memegang peranan penting dalam membangun image Polri, karena media memiliki kekuatan besar dalam membangun persepsi publik, sehingga untuk membangun reformasi kultural perlu dukungan dari media untuk membangun public trust, terutama membangun pemberitaan positif yang bisa menjadi trending topic.

Kapolri juga menyampaikan Humas perlu menjadi fungsi utama Polri, sehingga perlu langkah-langkah kebijakan untuk mewujudkannya, diantaranya:

  1. SDM: personel yang berdinas di Humas harus yang right man dan perlu dibangun motivasi terhadap personel yang berdinas di fungsi Humas, perlu rekruitmen khusus untuk personel yang berdinas di fungsi Humas (personel yang miliki kemampuan di bidang komunikasi, IT dan komputer)
  2. Perlu bangun sarpras yang berbasis IT.
  3. Perlu peningkatan kebutuhan anggaran, Humas harus jadi satker tersendiri, karena Humas tidak hanya menjadi juru bicara, tapi harus menjadi playmaker/kingmaker, sehingga dapat bangun newsmaker.

“Tak hanya itu, Humas perlu punya data tentang keberhasilan anggota yang dapat diolah menjadi trending topic, sehingga perlu adanya informasi tentang prestasi sekecil apapun dari satker/satwil untuk kemudian dapat dishare di media dalam rangka public trust, serta harus dapat memperkuat pemberitaan positif dan menetralisir pemberitaan negatif”, Ujar Jendral.

Karena begitu besarnya peran fungsi Humas, maka perlu dilakukan langkah percepatan untuk membesarkan fungsi Humas terutama peningkatan dukungan anggaran dalam APBNP TA 2017.

Setelah itu, Kegiatan dilanjutkan dengan penerimaan penghargaan integritas award kepada Polri dari majalah integritas.

Kapolri juga memberikan penghargaan kepada seluruh mitra media Polri dan stakeholder lain yang memberi dukungan terhadap pencitraan positif Polri.

Pemberian penghargaan diberikan juga kepada beberapa Kabid Humas yang aktif dalam peningkatan citra Polri, diantaranya Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Tengah.

 

Penulis         : Ardon

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Fandi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password