Kapolres Tolitoli Berikan Penyuluhan Hukum ke Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tolitoli, Sulteng, Kapolres Tolitoli AKBP Faizal Ramadhani S.Sos SIK MH, bersama dengan LSM Lanenang memberikan penyuluhan hukum ke masyarakat Kelurahan Sidoarjo, bertempat di Kantor Kelurahan Sidoarjo pada pukul 20.00 WITA (13/03)

IMG_8192-2073x1382[1]

Tujuan utama dari kegiatan penyuluhan hukum ini pada intinya adalah agar masyarakat tahu hukum, paham hukum, dan sadar hukum, untuk kemudian patuh pada hukum tanpa paksaan, tetapi menjadikannya sebagai suatu kebutuhan.

Pemahaman seseorang tentang hukum beranekaragam dan sangat tergantung pada apa yang diketahui dari pengalaman yang dialaminya tentang hukum.

Lebih jelasnya Pasal 2 Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : M-01.PR.08.10 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : M-01.PR.08.10 Tahun 2006 tentang Pola Penyuluhan Hukum, menjelaskan mengenai tujuan diselenggarakannya penyuluhan hukum adalah untuk mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik sehingga setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga negara dan mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, taat dan patuh terhadap hukum serta menghormati hak asasi manusia.

Dalam kegiatan ini, Kapolres Tolitoli menjelaskan tentang tugas-tugas kepolisian “menjaga keamanan dan ketertiban adalah hal yang utama dari Polri, kepolisian itu harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat” Ujar Kapolres Tolitoli.

Kapolres Tolitoli menyampaikan bahwa selama 5 bulan menjabat sebagai Kapolres Tolitoli, Polres Tolitoli pernah menangkap 2 Kg Shabu, dan juga menangkap pelaku jambret, yang mana pelakunya sudah melakukan 35 perkara kasus jambret, juga kasus curanmor. Polres Tolitoli bersama tim Densus 88 AT juga telah mengamankan 6 orang terduga teroris, semua atas partisipasi masyarakat. Kapolres Tolitoli sangat berterima kasih kepada masyarakat, atas dukungan dan kerja samanya selama ini.

Di akhir kegiatan, Kapolres Tolitoli menanda tangani MOU tentang sinergitas program pembinaan dan penyuluhan hukum bagi masyarakat Tolitoli serta pemanfaatan sumber daya manusia untuk mencapai masyarakat sadar hukum dan dapat memanfaatkan SDA dengan tidak melanggar aturan.

Harapan Kapolres Tolitoli melalui kegiatan penyuluhan ini adalah agar masyarakat melaksanakan aturan-aturan hukum tanpa menyebabkan perasaan takut akan sanksi hukum, melainkan patuhnya masyarakat pada aturan hukum dikarenakan adanya kesadaran dan penghargaannya terhadap hukum.

Penulis : Aan39

Editor : Kang Ikbal

Publish : Humas Polres Tolitoli

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password