Konflik Kraton Solo : Polsek Laweyan Surakarta Mengamankan Unjuk Rasa Damai di DPRD Kota Solo

IMG-20170314-WA0121

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Sekelompok massa yang mengatasnamakan Paguyuban Kawulo Budaya Nusantara (Pakubuwana) pada Selasa siang (14/03/2017) mendatangi Kantor DPRD Kota Surakarta di Jl. Adisucipto Kalurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Surakarta. Tujuan mereka adalah menemui Wakil Rakyat di DPRD Kota Surakarta untuk beraudiensi atau menyampaikan aspirasi dan Petisi Budaya terkait keprihatinan mereka terhadap permasalahan konflik Kraton Surakarta yang saat ini belum ada penyelesaian.
Kapolsek Laweyan Kompol Saprodin, SH, MH yang memimpin langsung pengamanan kegiatan ini mengerahkan 30 personil yang terdiri dari anggota Unit Lantas, Sabhara, Intelkam, Reskrim dan Bhabinkamtibmas setempat. Pengamanan dibagi dalam pengamanan terbuka dan tertutup.
Acara yang dikoordinir oleh Nusa Aksara Daryono (Budayawan) dan diikuti sekitar 40 orang ini berlangsung pada pukul 10.00 s.d 11.15 WIB di Ruang Banggar Lantai 2 Kantor DPRD Kota Surakarta. Massa Pakubuwana ditemui oleh Ketua Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan Paulus Haryoto, dan Anggota Komisi IV dari Fraksi Golkar Bambang Tri. Dalam sambutannya, Paulus Haryoto menyampaikan terima kasih dan kesediaannya menjembatani aspirasi dari massa Pakubuwana untuk dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah agar segera bisa diselesaikan.
Adapun isi dari Petisi Budaya yang di sampaikan oleh Pakubuwono, antara lain :
1. Kembalikan dan tegakkan kewibawaan Keraton Surakarta Hadiningrat.
2. Keraton Surakarta harus mempunyai Raja yang berwibawa dan mengayomi dan Bijaksana.
3. Pemerintah harus ikut berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan Keraton Surakarta yang tak kunjung usai.
Terpisah, Kapolsek Laweyan Kompol Saprodin, SH, MH menuturkan, “Kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah hak dari setiap warga negara yang dilindungi oleh Undang-Undang” . Sepanjang penyampaian pendapat tersebut masih dalam koridor hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum, maka Polri menjamin keamanannya. Seperti kegiatan penyampaian aspirasi kali ini, Polsek Laweyan mengamankan sehingga acara bisa terlaksana dengan aman dan lancar.”
Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Kang Iwbal96
Punlish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password