Inilah Postur Bhabinkamtibmas yang Diidamkan Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Salah satu indikator kedekatan Bhabinkamtibmas dengan masyarakat desa binaannya adalah ketika masyarakat merasa terayomi dan manfaat yang bisa dirasakan langsung. Untuk membangun kedekatan dibutuhkan totalitas dan keikhlasan yang kuat mengabdi kepada masyarakat.

Brigadir Imron Rosyadi, salah satu Bhabinkamtibmas Desa Senden Kecamatan Kampak menegaskan bahwa kedekatan dapat dibangun dengan keaktifan sambang desa. Polisi yang sehari-hari berdinas di Polsek Kampak Polres Trenggalek itu menilai, dengan sambang desa mau tidak mau Bhabinkamtibmas harus berinteraksi dengan setiap orang yang ditemuinya.

“Komunikasi harus menyeluruh. Perangkat desa, petani, anak muda, semuanya”, ujar Brigadir Imron.

Brigadir Imron pun tak segan-segan menghampiri siapa saja yang ia temui di jalan. Seperti yang ia lakukan saat sambang desa melihat petani yang sedang istirahat usai memanen padi.

Dos pundi kabare pak, bu ? (bagaimana kabarnya, pak, bu ?)”, sapa Brigadir Imron yang dijawab serentak, “alhamdulillah sae mawon pak (alhamdulillah baik-baik saja pak)”, oleh mereka.

Brigadir Imron menuturkan, bertemu dan berkomunikasi dengan masyarakat secara langsung merupakan pintu masuk menuju kedekatan yang diinginkannya.

“Ya ngobrol biasa aja. Tentang dunia mereka, pekerjaan mereka dan kesulitan yang mereka hadapi. Dari situ kita bisa menarik garis antara harapan yang diinginkan dengan apa yang bisa kita lakukan untuk mereka”, jelas Polisi yang juga pernah berdinas sebagai anggota Satsabhara Polres Trenggalek itu.

Dengan berinteraksi, seorang Bhabinkamtibmas bisa memperoleh segala informasi yang dibutuhkan dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas di desa binaannya. Butuh keuletan dan kesabaran. Namun berbekal keikhlasan dan niat bekerja sebagai ibadah, maka postur Bhabinkamtibmas yang diidamkan masyarakat akan tercapai.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

Admin Polri54660 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password