Saat Warganya Panen Padi, Polisi Satu ini tak Tinggal Diam

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Di sebagian wilayah Kabupaten Trenggalek masih banyak dijumpai para petani yang mengolah lahan pertanian secara tradisional. Mulai cara membajak sawah, menanam hingga memanennya. Seperti yang terlihat di area persawahan Desa Gading Kecamatan Tugu ini.

Para petani memanen tanamannya dengan cara tradisional yakni menggunakan sabit. Demikian juga saat memisahkan butir padi dengan jerami. Cukup dengan cara digeblok atau memukul padi hasil panen ke sebuah papan kayu. Tak ada mesin atau peralatan modern. Dengan cara ini padi yang sudah berusia tua akan jatuh di atas terpal sebagai wadahnya. Sedangkan yang masih muda tetap melekat di batang padi.

Saat sambang desa, Brigadir Faried menyaksikan para petani yang sedang panen tak mau tinggal diam. Bhabinkamtibmas Polsek Tugu Polres Trenggalek ini serta merta ikut membantu para petani itu. Meskipun awalnya agak kesulitan karena memang tidak terbiasa, dengan bantuan petani lainnya ia pun bisa cepat menyesuaikan diri.

“Ternyata nggeblok itu gak gampang, gak bisa sembarangan asal pukul saja”, ujarnya sambil memegang jerami.

Brigadir Faried menuturkan bahwa sebagai Bhabinkamtibmas jajaran Polres Trenggalek ia merasa terpanggil untuk membantu para petani walaupun hanya sekedar geblok panen padi.

“Hanya membantu sekedarnya sekalian mendekatkan diri dengan masyarakat”, pungkas Polisi yang pernah berdinas sebagai staf Sikeu Polres Trenggalek ini.

Apa yang dilakukan oleh Brigadir Faried mungkin sepele dan dipandang sebelah mata, namun dibalik itu semua ada rasa kepedulian tinggi yang ditunjukkan oleh Brigadir Faried. Hal  tersebut merupakan gambaran kecil dari profil anggota Polri di jajaran Polres Trenggalek yang sesungguhnya, yang selalu peduli dan dekat dengan masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan program “Polisi Peduli Sesama” yang dicanangkan oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si saat ini.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password