Curat di Tanggamus Lampung : Polisi Berhasil Menangkap Pencuri Sepeda Motor Penjaga Kolam

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Faktor kesempatan dimanfaatkan tersangka pencurian dengan pemberatan (curat) di Dusun Umbulbaru, Pekon Tiyuhmemon, Kecamatan Pugung, Tanggamus. Lantaran pemilik sepeda motor terlelap di dekat kolam ikan, sepeda motor yang diparkir sekitar lima meter dari pemiliknya itu pun, raib digondol maling.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (28/2/17) lalu di dusun setempat. Korbannya adalah Edi Haryanto (36) warga setempat. Setiap malam sampai pagi, korban memang bertugas menjaga kolam ikan. Sementara tersangkanya adalah Sahril (34). Warga asal Pekon Rantautijang, Kecamatan Pugung itu, baru berhasil ditangkap Senin (13/3) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kapolsek Pugung Ipda Mirga Nurjuanda, S.Sos  menjelaskan, penangkapan terhadap Sahril berdasarkan Laporan Perkara LP : B/64/III/2017/Polda Lpg/Res Tgms/Sek Pugung, tanggal 28 Februari 2017. Dalam laporan tersebut, korban menerangkan bahwa satu unit sepeda motor miliknya, jenis Honda Supra nomor polisi B 4757 WQ tahun 2001 warna merah abu-abu telah hilang dicuri.

“Setelah menerima laporan, anggota kami bergerak mencari petunjuk untuk menemukan pelaku dan barang bukti sepeda motor hasil kejahatan itu, hari ini kami berhasil menangkap tersangka, setelah mengantongi bukti dan petunjuk yang cukup,” ujar Kapolsek, mendampingi Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora AKBP Ahmad Mamora, S.Ik

Kronologis kejadiannya, lanjutnya, sekitar pukul 20.00 pada Selasa (28/2), korban mengendarai satu unit Honda Supra menuju ke Dusun Umbulbaru, Pekon Tiyuhmemon. Karena korban adalah penjaga malam di kolam ikan milik Artaman. Sekitar pukul 01.00 WIB, korban tertidur di dekat kolam dan kendaraannya berjarak lima meter dari tempat korban tidur.

Sekitar pukul ‎03.00 WIB, korban bangun hendak mengecek kolam. Situasi kolam aman, namun korban mendapati tunggangan andalannya sehari-hari untuk bekerja, sudah raib. Korban sempat mencari-cari di sekitar kolam, namun hasilnya nihil. Akhirnya korban melaporkan kehilangan yang ia alami ke Polsek Pugung.

Khusus dalam perkara ini, petugas juga menilai bahwa korban sebagai pemilik kendaraan, berbuat ceroboh. Karena korban memarkirkan sepeda motornya di sekitar kolam ikan pada malam hari tanpa kunci/pengaman tambahan apapun. Kedua, posisi korban tidur jaraknya sekitar lima meter dari lokasi parkir sepeda motor. Sehingga, tersangka bisa dengan leluasa beraksi dan menggondol sepeda motor korban.

“‎Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku saat ini kami tahan di mapolsek dan terancam dijatuhi Pasal 363 KUH Pidana tentang pencurian dengan pemberatan ancaman 7 tahun penjara. Barang bukti yang turut kami amankan adalah sepeda motor milik korban yang masih dipakai pelaku,” tandas Ipda Mirga Nurjuanda. (*)

(Penulis : N.Muslih Lpg/Ayp – Editor : Iqbal96) 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password