Pola Pengawasan yang Tepat Membantu Peningkatan Disiplin Anggota

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek  Mendengar kata disiplin, pikiran kita akan langsung terbayang dengan sosok anggota TNI atau Polri. Maklum saja, dua instansi ini memang dikenal dengan pengawasan dan displin sangat ketat. Semua perbuatan, tindakan dan keputusan yang diambil beresiko bagi dirinya sendiri maupun kesatuan. Salah melangkah, siap-siap hukuman disiplin didepan mata. Kedisplinan yang tinggi merupakan modal terbesar dalam menjalankan dinamika organisasi seperti TNI dan Polri. Rantai komando dan heirarki masih dipegang kuat hingga kini. Tak jarang dua instansi ini selalu menjadi rujukan bagaimana mendisiplinkan karyawan maupun anggota organisasi lainnya.

Dalam hal menjaga kedisiplinan, jajaran Polres Trenggalek boleh dikatakan cukup konsisten. Melalui program Senin Disiplin, diharapkan mampu meningkatkan ketertiban dan disiplin personel serta terhindar dari pelanggaran baik perorangan maupun satuan.

Iptu Kasmari, Kasipropam Polres Trenggalek menuturkan, setiap hari Senin pihaknya menggelar berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengawasan personel. Meliputi pemeriksaan kelengkapan personel, sikap tampang hingga evaluasi tugas sehari-hari.

“Bagi yang melanggar ya siap-siap saja, paling rendah teguran dan dipajang di depan rekan-rekan lainnya”, ujarnya.

Masih menurut Iptu Kasmari, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pengawasan melekat agar terhindar dari pelanggaran.

“Jadi bukan karena sentimen pribadi, benci atau dendam. Tapi memang sudah menjadi tugas kami untuk menegakkan disiplin anggota”, jelas Perwira yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolsek Kampak Polres Trenggalek itu.

Hari Senin inipun, jajaran Sipropam Polres Trenggalek menggelar razia di depan Mapolres seperti biasanya. Semua personel diperiksa kelengkapannya, Senin (13/03). Tak peduli pangkat dan jabatan semua diperiksa  tanpa pandang bulu.

“Semua kami perlakukan sama. Bagi yang lengkap dipersilakan masuk Mako, bagi yang melanggar ya tilang seperti masyarakat lainnya“, tegas Iptu Kasmari.

Iptu Kasmari berharap, pola pengawasan seperti ini akan mampu membangun disiplin anggota lebih optimal. Dengan disiplin tinggi maka tugas selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat juga menjadi lebih baik.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password