Tak Memiliki Ijin Menarik Bayaran, 6 Warga Pulau Pari Terjaring Operasi Saber

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya Senin (13/03/2017) Tim Saber Pungli Sat Reskrim Polres Kepulauan Seribu menangkap tangan praktek pungutan liar (pungli) di Kawasan Wisata Pantai Pasir Perawan Pulau Pari pada Sabtu (11/03/2017) pukul 13.30 Wib, Dalam operasi tersebut polisi berhasil mengamankan 6 orang warga Pulau Pari yang lakukan pungli di pintu masuk Kawasan Pantai Pasir Perawan.

Kasat Reskrim Polres Kepulauan Seribu AKP Kresno Wisnu Putranto, SH. Sik menuturkan, berawal dari laporan masyarakat terkait adanya pungutan liar oleh oknum masyarakat kepada pengunjung pantai pasir perawan di Pulau Pari dan selanjutnya bergerak melakukan operasi tangkap tangan.
“Kami menerima informasi dari warga bahwa dikawasan pantai pasir perawan adanya oknum yang mememinta uang kepada pengunjung (pungli) selanjutnya Tim melakukan pengamatan dan benar saja didepan gerbang masuk kawasan pantai pasir perawan terdapat 6 (enam) orang meminta uang kepada pengunjung, lalu menangkap 6 (enam) orang pelaku,” ujar AKP Kresno Wisnu Putranto, SH. Sik

Dari tangan pelaku MS, BH, IW, SY, SN, dan MT polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp. 945.000, 3 bendel tiket yang sudah terpakai, stempel berikut bak stempel, 3 buah buku daftar tamu, 1 buah Hp Samsung S5 warna hitam, 1 buah Hp Oppo A37 warna putih, Samsung V warna putih, 1 buah Hp Samsung J1 warna putih
“MS ini ketua pengurusnya, dia yang menunjuk BH cs untuk meminta uang dari para pengunjung pantai pasir perawan,” ujar Kasat Reskrim Polres Kepulauan Seribu.

Menurut pengakuan pelaku, mereka biasanya meminta uang kepada pengunjung masing-masing sebesar Rp. 15.000 bagi pengunjung yang camping dan Rp. 5000 bagi pengunjung yang tidak menginap. Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Boy Rando Simanjuntak, Sik. M.Si membenarkan adanya penangkapan 6 (enam) orang oknum warga oleh Tim Saber Pungli Sat Reskrim Polres Kepulauan Seribu saat meminta uang kepada wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pasir Perawan
“Setiap informasi sekecil apapun sangat berharga, seperti siang tadi berkat informasi dari masyarakat Tim Saber pungli Polres Kepualauan Seribu berhasil mengamankan 6 (enam) orang oknum warga yang kedapatan meminta sejumlah uang kepada pengunjung,” kata AKBP Boy Rando Simanjuntak, Sik. M.Si.
“Sebagaimana rekan-rekan media ketahui bahwa Saber pungli telah dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo sejak tahun lalu, dan telah dibuat MOU-nya baik di tingkat Mabes Polri Oleh Irwasum, tingkat Polda Metro Jaya Irwasda dengan Gubernur hingga tingkat Polres Kapolres dengan Walikota/Bupati, tidak hanya di Pulau Pari saja di seluruh wilayah Pulau Seribu akan kami lakukan operasi tangkap tangan” ujar Kapolres Kepulauan Seribu
Kasus ini masih dalam pengembangan dan tidak menutup kemungkinan polisi menangkap tersangka lain. Karena praktik pungli dilakukan secara sistematis dan terorganisir.
“Selanjutnya tim membawa 6 (enam) orang tersebut beserta barang bukti ke kantor Polres Kepulauan Seribu guna dimintai keterangan lebih lanjut,” Kasat Reskrim Polres Kepulauan Seribu.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password