Deteksi Penggunaan Narkoba, Polwan Polda Gorontalo Jalani Tes Urine

Tribratanews.Polri.go.id – Polda Gorontalo, Puluhan anggota Polwan Polda Gorontalo dan Polres jajaran baik itu Perwira maupun Bintara melaksanakan tes urine secara mendadak usai melaksanakan apel pagi, Senin (13/03/2017) di Aula Titinepo Polda Gorontalo. Seluruh anggota Polwan mulai dari pejabat utama Polda Gorontalo, Perwira, dan Bintara tanpa terkecuali dites urine secara mendadak.

Tes Urine tersebut dilaksanakan atas Perintah Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail, MH melalui pakor Polwan Polda Gorontalo AKBP Wertjo Abdullah.

5

AKBP Wertjo Abdullah saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa tes urine ini merupakan deteksi dini penyalahgunaan narkoba di kalangan tubuh polri khususnya polwan polda Gorontalo dan jajaran agar jangan sampai ada anggota polwan yang terlibat memakai, mengkonsumsi maupun mengedarkan narkoba. Sembari menjelaskan AKBP Wertjo juga mengatakan hal ini juga dilaksanakan untuk mengecek dan mengetahui apabila ada polwan yang sudah hamil sedangkan belum ada ikatan pernikahan.

“Dengan adanya tes urine di seluruh jajaran ini diharapkan kita mampu mengetahui anggota yang menggunakan narkoba, sehingga mampu ditindaklanjut dengan hukuman. Dari hukuman teguran hingga Pemecatan Secara Tidak Hormat (PTDH),” ujar Wertjo Abdullah usai lakukan tes urine.

Kapolda Gorontalo dalam hal ini menegaskan, apabila jajarannya terdeteksi atau terindikasi memakai Narkoba yang dibuktikan oleh tes urine, maka pihaknya tidak segan-segan melakukan tes lebih rinci dengan metode tes darah.

“Karena tes urine bisa saja mendeteksi secara positif kepada seseorang yang tengah sakit dan dalam masa pengobatan,” terangnya.

“Yang jelas kami tidak segan-segan memberikan tindakan tegas kepada anggota jajaran kami yang kedapatan menggunakan Narkoba. Hal ini tentunya guna mendukung program pemerintah baik pusat maupun daerah dalam memerangi narkoba,” pungkasnya.

Untuk Polres lain yakni Polres Pohuwato, Polres Boalemo dan Polres Bone Bolango juga akan dilaksanakan pemeriksaan yang sama dengan waktu yang tidak ditentukan.

Menurut Akp dr. HENDY Sp.OT Kaur kesmapta bidokkes polda Gorontalo untuk hasil dari Tes Urine akan diberikan secepatnya hari ini setelah Bid Dokkes Polda Gorontalo selesai melakukan pemeriksaan.

t

h

Penulis         : RA. Bilondatu

Editor           : Kang Ikbal

Publish         : RA. Bilondatu

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password