Aksi Bedah Rumah Polsek Jati Polres Blora, Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat

tribratanews.polri.go.id – PoldaJateng/Blora – Merasa perihatin dengan kondisi rumah Mbah Lampi (80) salah satu warga tidak mampu di Dusun Klading, Desa Jati, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Kapolsek Jati AKP Sugito, SH, bersama anggotanya mengadakan kerja bakti untuk memperbaiki rumah Mbah Lampi, Jum’at (10/3/2017) lalu.

Ide tersebut muncul atas laporan salah satu anggota kepada Kapolsek Jati bahwa ada rumah salah satu warga yang kondisinya sangat memperihatinkan.

“Ini berawal dari masukan anggota kepada pimpinan (Kapolsek Jati, red) agar kita khususnya anggota Polsek jati semakin dekat dengan masyarakat, akhirnya ada inisiatif perbaikan banguan rumah milik warga masyarakat karena keadaan rumahnya memperihatinkan,” Terang Kapolsek Jati, AKP Sugito, SH saat dimintai keterangan @polresblora.com, Minggu (12/03/17).

Dikatakan kapolsek, atas laporan dari anggota itu, kemudian pihaknya mengumpulkan semua anggotanya di ruang kerja untuk menindak lanjuti ide tersebut, dan dari hasil rapat semua anggota menyetujui untuk kegiatan Bhakti sosial yaitu perbaikan bangunan rumah, pada hari Jum’at tanggal 10 maret 2017 Pukul 09.30 wib. Terangnya.

“Kami beserta anggota meninjau lokasi rumah yang mau diperbaiki, kehadiran anggota Polisi di sambut oleh pemilik rumah yaitu Mbah LAMPI Binti SOMIJOYO (80), yang hidup sendirian, keadaan rumah sangat memprihatikan yaitu bangunan rumah ukuran Lebar : 3 meter, panjang : 5 Meter, tinggi 2, 5 Mater, lantai tanah, Tiang dari kayu jati yang udah kropos, dinding sebagai kulit batang pohon jati, atap genteng, setelah panjang lebar mengobrol dengan pemilik rumah, atas nama Polri khususnya Polsek Jati berjanji akan membantu memperbaiki rumahnya,” terangnya.

Selanjutnya, Pada hari Sabtu tanggal 11 maret 2017 Pukul 08.00 wib Polsek Jati yang dipimpin Kapolsek mendatangi rumah Mbah Lampi, kelokasi dengan membawa bahan bahan material yaitu Kasibot, Kayu, cat, paku dan peralatan tukang juga perabotan lainnya almari kecil, kasur, bantal dan sarung.

Sebelum melaksanakan perbaikan rumah, kapolsek jati memberikan pengarahan kepada anggotanya dalam pelaksaan pengerjaan perbaikan rumah untuk berhati-hati.

Hadir dalam kegiatan bhakti sosial ini, Kepala Desa Jati, Supardi, Kepala Dusun, dan juga masyarakat ikut membantu bergotong royong.

Dalam proses pembongkaran rumah, banyak di temukan hewan, seperti Ular dan kalajeking, dengan semangat kerja bergotong royong dan saling bercanda masing masing punya tugas sendiri sendiri antara lain mengganti tiang rumah yang kropos, melepas papan dari bekas kulit kayu pohon jati, mengganti usuk yang kropos, mengganti genteng yang pecah, memberi genting dari kaca, memasang kasibot dan mengecatnya.

“Maksud dan tujuan dalam perbaikan rumah Mbah Lampi ini setidaknya sedikit banyak meringankan beban hidupnya karena hidup sendirian, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi Mbah Lampi, dan semua dana untuk perbaikan rumah merupakan swadaya dari anggota Polsek Jati,” terang Kapolsek.

Karena menurutnya, dalam agama telah diajarkan bahwa harta yang kita terima 2,5% milik orang lain. Selain itu juga mereka perlu sentuhan dan pendekatan kita sebagai kebersamaan indahnya Polisi berbagi.

“Ini bukan lah pamer atau ingin disanjung oleh masyarakat tapi kegiatan ini didasarkan rasa tulus Ikhlas saling membantu antar sesama. Dan hal ini di maksudkan agar masyarakat dekat dengan Polri dan menumbuhkan kepercayaan Polri di mata masyarakat luas,” tegas Kapolsek Jati AKP Sugito, SH.

Sementara kepala Desa Jati Supardi, mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada Polsek Jati.

“Selama saya menjabat kepala Desa Jati baru kali ini ada instansi lain Khusunya Polsek Jati yang membantu perbaikan rumah di warga, semoga apa yang dilakukan oleh Polsek Jati amal ibadahnya dibalas oleh Allah SWT, diberi kesehatan, dan keselamatan dalam menjalankan tugas,” jelasnya.

Sementara Mbah Lampi merasa senang bercampur bangga karena mendapat bantuan perbaikan rumah dari polsek Jati.

“Matur suwun sanget bapak bapak Polisi,” ucapnya singkat. Pelaksaan perbaikan rumah berjalan dalam keadaan aman dan tertib. (@polresblora.com)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password